Klungkung Siap Jadi Tuan Rumah Peringatan Hari Pers Nasional 2019

Bupati Suwirta didampingi Kabag Humas Pemkab Klungkung saat menerima audiensi Pengurus PWI Bali. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Bupati Klungkung Nyoman Suwirta mengatakan, Pemerintah Kabupaten Klungkung siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 untuk tingkat Provinsi Bali. Sebelumnya puncak peringatan HPN 2019 tingkat nasional diselenggarakan di Surabaya, Jawa Timur, yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi), 9 Februari lalu.

Hal tersebut disampaikan Bupati Suwirta saat menerima audiensi pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bali yang dipimpin ketuanya, IGMB Dwikora Putra didampingi Sekretarisnya Emanuel “Edo” Dewata Oja dan Wakil Ketua Bidang Organisasi Dewa Suta Sastradhinata serta Bendahara PWI Bali, Ny. Astini di ruang kerjanya, Senin (18/3/2019).

Suwirta mengatakan, pihaknya bersedia memfasilitasi penyelenggaraan HPN 2019 untuk tingkat Provinsi Bali dalam rangka mendukung program PWI. Mengingat, PWI adalah salah satu organisasi wartawan berbadan hukum resmi yang diakui Pemerintah dan Dewan Pers.

Menurut bupati asal Nusa Ceningan itu, sebagai penyampai informasi, insan pers dipandang memiliki peranan penting dalam mendukung program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah khususnya di Kabupaten Klungkung.

“Wartawan merupakan mitra kerja pemerintah. Diharapkan kemitraan ini terus terjalin, agar program pembangunan di Kabupaten Klungkung bisa tepat sasaran dan sesuai dengan apa yang menjadi harapan masyarakat,” ujar Suwirta yang didampingi Kabag Humas Pemkab Klungkung, I Ketut Suadnyana.

Mantan Manajer Koppas Srinadi, Klungkung itu menilai, selama ini keberadaan wartawan atau insan pers sangat signfikan dalam mendukung program kerja Pemerintah Kabupaten Klungkung. Hal ini ditunjukkan lewat interaksi positif antara pers dan instansi pemerintah yang ada di Klungkung.

“Melalui media massa, kita (pemerintah) dapat mensosialisasikan program yang dijalankan. Begitu pula media massa yang memiliki fungsi kontrol sosial juga bisa menyampaikan apa saja keluhan masyarakat terhadap pemerintah. Sehingga pemerintah bisa mengetahui apa yang berkembang di tengah-tengah masyarakat,” beber Suwirta yang menjabat bupati dua periode.

BACA JUGA:  Disdikpora Denpasar Pastikan Seluruh Gedung Sekolah Sudah Disemprot Disinfektan

Sementara itu, Ketua PWI Bali IGMB Dwikora Putra menyatakan terimakasih dan mengapresiasi dukungan yang diberikan Bupati Suwirta untuk menjadi tuan rumah peringatan HPN untuk tingkat Provinsi Bali tahun ini.

Dwikora menjelaskan, penyelenggaraan HPN dilakukan bergantian di kabupaten/kota. “Jika sebelumnya kami menyelenggarakan HPN di kabupaten lain, maka kali ini giliran Kabupaten Klungkung kami minta untuk menjadi tuan rumah. Dengan begitu, peringatan HPN bisa tersosialisasikan ke seluruh kabupaten/kota di Bali,” terang Dwikora.

Terkait rangkaian peringatan HPN tahun ini, PWI Bali sebelumnya juga menggelar beberapa kegiatan. Di antaranya, Turnamen Futsal Kemitraan, Uji Kompetisi Wartawan (UKW) untuk klasifikasi wartawan muda dan wartawan madya, serta kunjungan sosial ke Panti Asuhan Semara Putra yang sedianya dilaksanakan pada 28 Maret mendatang, demikain Dwikora Putra yang juga Pemimpin Redaksi Warta Bali.

Puncak peringatan HPN 2019 untuk tingkat Provinsi Bali akan dilaksanakan di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Kota Semarapura, Klungkung, diikuti sekitar 200 peserta terdiri dari pejabat pemerintah, TNI dan Polri, unsur perguruan tinggi negeri maupun swasta, tokoh pemuda dan masyarakat, serta pelajar yang merupakan perwakilan dari Osis SMA yang ada di Klungkung.  (sas).