Lombok Timur Diguncang Gempa, BMKG Sebut Tidak Berpotensi Tsunam

Gempa bumi yang mengguncang wilayah Lombok, NTB. (foto : ist)
Beritabalionline.com – Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) diguncang gempa bumi tektonik dengan kekuatan 5,8 SR. Hasil analisis BMKG, gempa bumi yang berlangsung, Minggu (17/3/2019) sekitar pukul 14.07.26 WIB ini berloksi 20 kilometer utara Kota Selong, Kabupaten Lombok Timur dengan kedalaman 19 kilometer.
“Dua menit kemudian pada pukul 14.09.19 WIB terjadi gempa bumi susulan dengan kekuatan 5,1 SR dengan kedalaman 10 kilometer,” terang Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono dalam siaran pers yang diterima¬†beritabalionline.com, Minggu (17/3/2019).
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal di sekitar Gunung Rinjani. Berdasarkan analisis, mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran turun (normal fault).
Guncangan akibat gempa dilaporkan dirasakan di daerah Lombok Utara IV MMI, Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Tengah, Mataram, dan Sumbawa III-IV MMI; Karangasem III-IV MMI, Denpasar III MMI, dan Kuta III MMI.
Hingga pukul 15.00 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya tujuh aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Kendati demikian masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
“Sampai dengan saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi juga tidak berpotensi tsunami,” jelas Triyono. (agw)
BACA JUGA:  Jokowi: Sangat Bahagia Kalau Pak Prabowo Datang ke Pelantikan Presiden & Wapres