Gunung Agung Kembali Erupsi, BPBD Sebut Tidak Ada Hujan Abu

Gunung Agung saat erupsi Minggu (17/3/2019) pagi (foto : ist)
Beritabalionline.com – Masyarakat yang bermukim di sekitar Gunung Agung tampaknya harus selalu waspada. Pasalnya, dalam sepekan gunung tertinggi di Bali yang terletak di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangsem ini kembali mengalami erupsi.
“Tinggi kolom abu teramati kurang lebih 500 meter diatas puncak atau sekitar 3.642 meter diatas permukaan laut. Erupsi terjadi pada pukul 08.03 wita pagi ini,” Petugas Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Agung melalui siaran pers, Minggu (17/2/2019).
Petugas menambahkan, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah timur. Erupsi tersebut terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 5 mm dan durasi kurang lebih 39 detik.
Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Bali, Made Rentin menerangkan, pasca erupsi Gunung Agung pihaknya kemudian melakukan komunikasi dengan petugas di lapangan dan semua jaringan seperti relawan Pasebaya di 28 Desa Lingkar Gunung Agung.
“Dari laporan yang diterima, aktivitas masyarakat masih berjalan normal dan kondusif. Hujan abu yang melanda saat erupsi beberapa hari lalu, hari ini tidak ada wilayah yang terpapar hujan abu. Kemudian untuk pemedek (umat) yang melakukan persembahyangan di Pura Agung Besakih juga berjalan seperti biasa,” kata Rentin.
BPBD Provinsi Bali juga menghimbau kepada seluruh masyarakat (krama Bali) agar tetap tenang dan menjaga kesiapsiagaan serta tetap melakukan aktivitas seperti biasa. Masyarakat juga diminta mengikuti arahan petugas dan hanya percaya pada informasi resmi dari pemerintah.
“BPBD (Provinsi, Kab/Kota) selalu standby monitor dan siaga melayani masyarakat dan kami tidak mengenal hari libur. Kami selalu dibantu dan besinergi dengan semua komponen dan jejaring didalam melakukan edukasi dan sharing informasi kebencanaan terutama atensi aktivitas Gunung Agung,” jelas Made Rentin. (agw)
BACA JUGA:  Lepas Peserta GNFY, Wakapolda Bali Tegaskan Bali Aman Dikunjungi Wisatawan