Cegah Pelanggaran Disiplin, Propam Polda Bali Cek Senjata Anggota Polri

Provos Bid Propam Polda Bali memeriksa senjata api yang dipakai personel Polda. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Provos Bid Propam Polda Bali memeriksa senjata api (senpi) dinas yang dipakai oleh personel Polda Bali. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Operasi Gaktiblin (Penegakkan dan Penertiban Disiplin) selama lima hari, mulai 11 sampai 16 Maret 2019.

“Kegiatan ini sesuai dengan perintah Divisi Propam Polri guna mencegah aksi pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh personel Polri,” terang Kasubbid Provos Bid Propam Polda Bali AKBP AA Rai Laba, Selasa (12/3/2019) di Mapolda Bali.

Laba menjelaskan, pemeriksaan juga sesuai surat telegram dari Kapolda Bali bernomor STR/170/III/2019 tanggal 4 Maret 2019 tentang kegiatan Gaktibplin dengan sasaran Gampol, kelengkapan administrasi perorangan, performance, senjata api, surat atau kelengkapan ranmor dan penyalahgunaan narkoba.

“Kami lakukan pemeriksaan di masing-masing satker (satuan kerja) dan dilaksanakan secara bergiliran. Termasuk juga, kami mengecek senpi anggota Subbid Provos Bid Propam. Karena diharapkan nantinya tetap menjadi contoh dan panutan untuk anggota Polri lainnya,” ujar Rai Laba.

Dengan adanya pemeriksaan senpi ini, diharapkan untuk meningkatkan disiplin anggota dalam penggunaan senpi dinas. Kemudian, memastikan keberadaan senpi ada pada anggota dan mengecek apakah Surat Ijin Pemegang Senpi (SIPS) yang dipegang anggota masih berlaku. Atau memang sudah tidak berlaku.

“Dari pemeriksaan akan diketahui bagaimana cara anggota merawat, membersihkan dan menyimpan senpi. Dan hingga berakhirnya pemeriksaan hari ini, petugas Subbid Provos Bid Propam belum menemukan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh anggota terkait penggunaan dan pinjam pakai senpi,” tegas Laba. *agw

BACA JUGA:  Lebihi Izin Tinggal, Turis Asal Republik Ceko Dideportasi