Bekuk 6 Orang Pelaku, BNNP Bali Bongkar Jaringan Pengedar Narkoba Lintas Pulau

Enam pelaku beserta barang bukti yang diamankan petugas BNNP Bali (foto : Agung W/Beritabalionline.com)
Beritabalionline.com – Dua orang kurir sekaligus pengedar narkoba bernama Muhammad Ikhsan (23) dan M.Dani (28) dibekuk petugas BNN Provinsi Bali di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Dari tangan para pelaku, petugas menyita barang bukti sabu seberat 1 kilogram yang dibawa dari Medan, Sumatera Utara.
Kepala BNNP Bali Brigjen Pol. I Putu Gede Suastawa mengungkapkan, penangkapan terhadap kedua tersangka merupakan hasil pengembangan setelah sebelumnya petugas Bidang Pemberantasan BNNP Bali meringkus pemakai dan pengedar sabu di Denpasar.
“Pertengahan bulan Februari 2019 kita menangkap dua orang pemakai narkoba bernama Prianto Hadiwijoyo (30), dan Septyana Sari alias Febry (21). Keduanya kita tangkap di tempat berbeda saat sedang mengambil sabu yang sudah ditempel,” kata Brigjen Suastawa saat ekspose pengungkapan di Kantor BNNP Bali, Rabu (13/3/2019).
Dari hasil introgasi, Prianto dan Febry mengaku membeli sabu dari seseorang bernama Agung Nugroho alias Kendo (25). Berbekal keterangan dari kedua pelaku, petugas kemudian menghubungi Kendo dan berpura-pura hendak mencari sabu.
Kendo yang tidak sadar jika yang hendak membeli sabu adalah petugas lalu mengiyakan dan mengajak bertransaksi di seputaran Jalan Ahmad Yani, Denpasar, Sabtu (2/3/2019) sekitar puku 11.30 Wita. Ketika ia hendak menyerahkan sabu, petugas langsung meringkusnya.
Guna pengembangan, pria yang sehari-hari bekerja sebagai tukang tatto ini digelandang ke tempat kosnya di seputaran Jalan Gunung Andakasa, Denpasar Barat. Di dalam kamar tersangka, petugas menemukan 6 plastik klip sabu seberat 2 gram lebih, satu buah timbangan digital, serta barang bukti lain.
Penangkapan terhadap Kendo menjadi titik awal pengungkapkan kasus peredaran narkoba jaringan Medan – Aceh – Bali. Berdasarkan keterangan Kendo, petugas akhirnya meringkus Muhammad Ikhsan dan M.Dani, saat keduanya baru turun dari pesawat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Sabtu (9/3/2019) sekitar pukul 15.00 Wita.
Petugas juga turut meringkus seorang pengedar sabu bernama I Putu Mas Wira Adi Kusuma alias Gus Mas di salah satu hotel di Jalan Raya Tuban, Kuta, Badung, tak lama setelah Gus Mas mengambil sabu yang dibawa Ikhsan dan Dani.
“Mereka ini masih satu jaringan meski tidak saling mengenal. Untuk sementara dari hasil pemeriksaan, otak jaringan yaitu Ikhsan dan Dani karena keduanya yang mengambil barang dari Medan, kemudian menyuplai kepada para pengedar yang lain,” jelas Brigjen Suastawa. (agw)
BACA JUGA:  Usai Pemilik Rumah Bersaksi, Pengacara Rampok MC Makin Yakin Klienya Tak Bersalah