Tol Bali Mandara Tutup 32 Jam Saat Nyepi

Jalan Tol Bali Mandara.

Beritabalionine.com – Selama 32 jam Jalan Tol Bali Mandara akan ditutup secara keseluruhan mulai, Rabu (6/3/2019) pukul 23.00 Wita dan akan dibuka kembali pada Jumat (8/3/2019) pukul 07.00 Wita. Penutupan dilakukan serangkaian pelaksanaan Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1941.

“Penutupan dilakukan berdasarkan Surat Edaran Gubernur Bali Nomor: 003.1/11367/PK/BKD, tanggal 21 Nopember 2018 tentang hari libur nasional, cuti bersama dan dispensasi hari raya suci Hindu di Bali Tahun 2019,” terang Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol, Enkky Sasono AW, dalam konferensi pers di Denpasar, Senin (4/3/2019).

Enkky menjelaskan, penutupan bukan kali pertama dilakukan namun sudah berlangsung seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dimaksudkan untuk menghormati perayaan hari besar keagamaan umat Hindu di Bali.

“PT Jasamarga Bali Tol (JBT) secara kelembagaan senantiasa menghormati kearifan lokal. Kepada masyarakat pengguna jalan tol yang hendak menuju Bandara Ngurah Rai maupun arah Nusa Dua, hendaknya memperhatikan jadwal penutupan maupun jadwal dibukanya kembali akses jalan tol,” paparnya.

Terkait upacara melasti yang merupakan salah satu rangkaian sebelum menyambut Hari Raya Nyepi oleh masyarakat Desa Pedungan dengan menggelar upacara melasti di Teluk Benoa Denpasar, Senin (4/3/2019), Enkky mengatakan bahwa mulai pagi hari, Patroli Jalan Tol telah membantu pengaturan arus lalu lintas dari perempatan Pesanggaran ke arah Pelabuhan Benoa hingga ke lokasi melasti.

“Kami telah berkoordinasi dengan Kepolisian dan Pecalang membuat contra flow, yakni jalur dari Pelabuhan ke arah Pesanggaran difungsikan menjadi dua arah. Sedangkan jalan akses dari depo Pertamina ke arah Pelabuhan sampai dengan lokasi melasti dipakai khusus masyarakat yang akan melaksanakan upacara melasti. Itu berlangsung dari pukul 06.00 hingga pukul 14.00 wita,” jelasnya.

BACA JUGA:  PHR Digratiskan Enam Bulan, Bupati Suwirta Sebut Untuk Keberlanjutan Pariwisata

Ia menambahkan, selain meyiagakan Petugas Patroli Jalan Tol, PT JBT juga menyiagakan petugas kebersihan di sekitaran lokasi upacara dan Ambulans Jalan Tol yang standby di depan SPBU depan Pelabuhan Benoa.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah turut membantu kelancaran lalu lintas khusus pada saat pelaksanaan upacara melasti,” kata Enkky. *agw