Rasio Kewirausahaan di Bali 8,38 Persen

Seorang perajin menata hasil kerajinan dari bahan akar kayu jati.(foto:ist)

Beritabalionline.com – Rasio kewirausahaan di Bali hingga akhir Desember 2018 mencapai 8,38 persen. Nilainya diklaim, berada di atas rata-rata nasional.

“Rasio kewirausahaan di Bali yang lebih dari 8 persen, berada jauh di atas rata-rata nasional yang di kisaran 4 sampai 5 persen. Ini tentu positif untuk iklim kewirausahaan di Bali,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bali, Gede Indra Dewa Putra, Senin (4/3/2019).

Tercatat, hingga akhir 2018, jumlah UMKM di Provinsi Bali ada 326.009 usaha. Keberadaanya yang tersebar di sembilan kabupaten dan kota.  Jumlah ini meningkat 13.042 unit usaha, atau sebesar empat persen, bila dibandingkan data Desember 2017. Saat itu, jumlah UMKM di Bali sebanyak 312.967 unit usaha. Peningkatan signifikan tersebut membawa rasio kewirausahaan di Bali naik menjadi 8,38 persen.

“Selama ini, kami menggencarkan upaya mencetak wirausahawan baru, khususnya di kalangan generasi muda dengan melibatkan berbagai stakeholder.  Mulai dari pelaku usaha, dunia pendidikan, para komunitas, hingga juga sosialisasi masif di media massa,” tambah Gede Indra.

Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bali, berhasil melakukan pemasyarakatan kewirausahaan bagi kelompok masyarakat strategis. Khususnya kalangan mahasiswa, sarjana dan generasi muda, sebanyak 570 orang di 2018. “Kami juga tingkatkan dan dorong, agar perguruan tinggi mengaktifkan program inkubasi bisnisnya agar bisa mencetak makin banyak wirausaha muda baru,” ucapnya.

Gede Indra mengakui, meskipun jumlah UMKM meningkat, masih ada tiga tantangan utama yang dihadapi pelaku UMKM di Bali. Yaitu, persoalan kualitas SDM, kapasitas permodalan, hingga peningkatan kapasitas produksi serta pemasaran.

“Oleh karena itu, progam di 2109 ini, lebih fokus diarahkan mengatasi berbagai persoalan tersebut, diantaranya kegiatan penumbuhkembangan UMKM, salah satunya dilakukan melalui bimtek kewirausahaan di masing-masing kabupaten dan kota,” tandasnya.(arz)

BACA JUGA:  70 Pelajar Badung Ikuti Workshop Wirausaha Pemula