Kurangi Penggunaan Plastik, Wabup Tabanan Bagikan Tas Ramah Lingkungan

Wabup Sanjaya memberikan tas ramah lingkungan kepada seorang nenek pengunjung pasar Tabanan.(foto:ist).

Beritabalionline.com – Sebagai bentuk keperdulian terhadap lingkungan sekaligus untuk mengurangi penggunaan plastik sesuai Pergub no 97 tahun 2018, Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, membagikan 500 tas ramah lingkungan di Pasar Tabanan, Sabtu (2/3/2019).

Disasarnya pasar karena penggunaan plastik di tempat ini masih terjadi, dibandingkan toko modern yang sudah meniadakan pemberian kantung plastik kepada pembeli. Wabup Sanjaya mengatakan, kegiatan tersebut adalah salah satu gerakan pemicu dan sosialisasi agar masyarakat mulai sadar untuk membatasi penggunaan plastik. “Plastik selain bermanfaat sekaligus berbahaya bagi kelestarian lingkungan karena lamanya waktu yang diperlukan untuk terdegradasi,” ujarnya.

Dikatakan, gerakan pemberian tas ramah lingkungan kepada pengunjung Pasar Tabanan akan dilakukan secara berkesinambungan. “Ini adalah gerakan awal. Saya mengajak seluruh elemen masyarakat tidak berhenti sampai di sini. Akan disasar pasar-pasar lain yang ada di Kabupaten Tabanan,” ujarnya.

Wabup Sanjaya menambahkan, selain membagi bagikan tas ramah lingkungan, dalam menangani permasalahan sampah terutama kebiasaan membuang sampah sembarangan seperti di sungai, pihaknya melakukan pendekatan khusus ke masyarakat. Menurutnya setiap minggu ada kegiatan lomba memancing yang diadakan di desa yang ada di Tabanan. Momen itu dimanfaatkan pihaknya melakukan sosialiasi kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga lingkungan.

Disamping itu, Sanjaya juga mengajak desa dinas membuat peraturan desa maupun desa adat dengan peraremnya untuk mengatasi permasalah sampah. “Kita jadikan Desa sebagai kekuatan untuk memerangi sampah. Kalau desa sudah bersih, otomatis Kabupaten Tabanan ikut bersih,” ujarnya.

Mengenai Perbub pembatasan penggunaan plastik diakui Sanjaya Tabanan belum memiliki. Namun saat ini sedang dalam proses penyusunan dan diharapkan bulan depan Tabanan memiliki Perbub mengenai pembatasan penggunaan plastik. (yaw)

BACA JUGA:  Perangi Sampah Plastik, Badung Akan Luncurkan Program 'Green Mangupura Word'