Turis Uganda Tewas di Kolam Renang

Jenazah korban saat dievakuasi petugas hotel ke rumah sakit. (foto : ist)
Beritabalionline.com – Wisatawan asal Uganda bernama Sofia Namatovu (32) tenggelam saat berenang di kolam renang Hotel Prawita di Jalan Legian nomor 63, Kuta, Kabupaten Badung. Naas, nyawa korban tidak bisa diselamatkan meski sempat dilakukan pertolongan.
“Tubuh korban ditemukan dalam posisi telungkup di dasar kolam dengan kedalaman 1,5 meter. Setelah beberapa saat diberi pertolongan, korban meninggal dunia,” terang Kapolsek Kuta AKP Teuku Ricki Fadlianshah saat dikonfirmasi, Jumat (1/3/2019).
Pemilik hotel bernama I Gusti Agung Gede Mayun (53) menuturkan, saat tengah berada di restaurant hotel, Kamis (28/2/2019) sekitar pukul 13.30 Wita, ia didatangi salah satu tamu yang memberitahu ada orang sudah tenggelam di dasar kolam.
Karena tidak bisa berenang, ia lalu memanggil karyawan untuk mengangkat korban. Setelah di pinggir kolam, wisatawan yang menginap di kamar nomor 203 ini diberi pertolongan pertama dengan dipompa dadanya. Lantaran tidak ada respon, pemilik hotel menghubungi RS BIMC Kuta.
Setelah hampir satu jam diberi pertolongan, turis wanita pemegang passport dengan nomor B1447160 ini meninggal dunia. Peristiwa tersebut kemudian dilaporkan ke Mapolsek Kuta. Dari hasil olah TKP serta berdasarkan keterangan dokter RS BIMC Kuta, ditemukan luka robek di pelipis korban.
Selain itu, hidung korban mengeluarkan darah segar. Dokter menyimpulkan, darah yang keluar dari saluran pernafasan disebabkan paru-paru korban kemasukan air yang berlebihan. Setelah serangkaian pemeriksaan, jenazah korban lalu dibawa ke RSUP Sanglah Denpasar.
“Dugaan awal sebelumnya korban terpeleset dan mengalami benturan hingga jatuh ke kolam. Karena tidak bisa berenang, korban tenggelam dan kemudian akhirnya meninggal. Dari keterangan hotel, korban chek-in tanggal 19-2-2019 dan rencana chek-out tanggal 4-3-2019,” kata Kapolsek. (agw)
BACA JUGA:  Bupati-Wakil Bupati Gianyar Resmi Dilantik