MUDP Bali Minta APK di Jalur ‘Melasti’ Diturunkan

Tampak petugas Satpol PP menurunkan alat peraga kampanye (APK). (foto : ist)

Beritabalionline.com – Majelis Utama Desa Pakraman (MUDP) Provinsi Bali meminta agar alat peraga kampanye (APK) yang terpasang di sepanjang jalur pelaksanaan ‘Melasti’ dari Pura Agung Besakih, Kabupaten Karangasem menuju Pantai Watu Klotok, Kabupaten Klungkung agar diturunkan.

“Sepanjang jalan yang akan dilewati oleh Ida Bhatara-Bhatari (simbol manifestasi Tuhan-red) dari Pura Besakih dan pengiringnya, supaya bersih dan disucikan,” pinta Ketua MUDP Provinsi Bal Jero Gede Suwena Putus Upadesha, di Denpasar, (1/3/2019), Jumat.

Menurutnya, terkait dengan penurunan APK tersebut, sebelumnya sudah ada kesepakatan dengan pihak-pihak terkait, termasuk dengan jajaran KPU dan Bawaslu.

Ritual Melasti dari Pura Besakih hingga Pura Segara Watu Klotok dan kembali ke Pura Besakih akan dilaksanakan dari 2-4 Maret 2019 dengan melewati sekitar 29 wilayah desa pakraman (desa adat), sedangkan puncak ritual Tawur Agung Panca Wali Krama (dilaksanakan setiap 10 tahun sekali) yang jatuh pada 6 Maret mendatang.

“Kami harapkan kepada seluruh krama (warga), baik yang beragama Hindu untuk bersama-sama mendoakan agar upacara di Pura Besakih dapat berjalan lancar,” harap pimpinan tertinggi majelis yang menaungi desa adat di Bali itu.

Jero Suwena juga mengucapkan terima kasih kepada para caleg yang telah dengan sadar menurunkan APK-nya, sedangkan bagi yang belum atau kelupaan agar segera menurunkan hari ini (Jumat, 1/3/2019) sehingga ritual Melasti dari Pura Besakih dapat berjalan dengan baik.

Demikian juga dengan masyarakat yang akan melintasi atau bepergian menggunakan jalur Besakih-Klungkung, Klungkung-Watu Klotok, Watu Klotok-Sidemen, Karangasem pada waktu pelaksanaan Melasti untuk mencari alternatif jalan lain, sehingga tidak sampai terjebak kemacetan di tengah ribuan umat yang akan mengikuti ritual tersebut.

BACA JUGA:  Suara Jokowi di TPS 04 Gianyar Melonjak Drastis dari Hasil C1

Sebelumnya, Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Bali pun meminta agar ada penyesuaian pemasangan alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2019 dalam pelaksanaan rangkaian ritual Melasti. (tra)