Jokowi Minta Prabowo Laporkan WNI yang Simpan Uang Rp11.000 Triliun di Luar Negeri

Jokowi dan Prabowo. (foto : net)

Beritabalionline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menyampaikan data WNI yang menyimpan uang di luar negeri. Ini disampaikan Jokowi menanggapi isi pidato politik Prabowo yang menyebut Rp11.000 triliun uang WNI berada di luar negeri.

“Ya kalau memang ada data, ada bukti-bukti mengenai itu disampaikan saja ke pemerintah,” ucapnya di Desa Botuwombatu, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo, Jumat (1/3/2019), dilansir merdeka.com.

Jokowi memastikan pemerintah akan mengejar WNI tersebut jika terbukti menyimpan uang di luar negeri. Pemerintah tak main-main soal penyembunyian uang di luar negeri. “Akan kita kejar kalau memang benar!” tegasnya.

Saat menyampaikan pidato kebangsaan ‘Prabowo Menyapa’ di Grand Pacific Hall Sleman, DI Yogyakarta, pada Rabu (27/2/2019), Prabowo menyebut Indonesia dalam kondisi tak baik. Penyebabnya adalah Rp11.000 triliun uang WNI berada di luar negeri.

Menurut Prabowo, kekayaan RI terus mengalir ke luar negeri akibatnya Indonesia kian terpuruk. Kondisi ini pun diklaim Prabowo sudah diakui menteri Kabinet Kerja.

“Uang warga negara Indonesia di luar negeri jumlahnya lebih dari Rp 11.000 triliun. Jumlah uang di bank-bank di seluruh bank di dalam negeri Rp 5.400 triliun. Berarti dua kali kekayaan Indonesia berada di luar Indonesia, tidak berada di negeri Indonesia,” kata dia. (itn)

BACA JUGA:  Pemerintah Sebut Social Distancing Cara Paling Benar Cegah Penularan Corona