Gandeng IWAPI dan Pertamina, Pemkot Denpasar Bagikan 450 Tas Belanja Ramah Lingkungan

Pembagian tas belanja ramah lingkungan kepada pengunjung dan pedagang di Pasar Sindu, Sanur. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Pemerintah Kota Denpasar bersinergi dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) setempat dan Pertamina membagikan 450 tas belanja ramah lingkungan secara gratis kepada masyarakat yang berbelanja serta pedagang yang berada di Pasar Sindu Sanur, Denpasar, Jumat (1/3/2019).

Plt. Kadis Perindag Kota Denpasar, IB. Anom Suniem yang ditemui saat sosialisasi mengatakan, pembagian tas tersebut sekaligus dirangkaikan dengan kegiatan sosialisasi Perwali 36 Tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik.

Hal tersebut dilaksanakan dalam upaya mewujudkan Denpasar yang berwawasan budaya khususnya budaya bersih secara berkesinambungan. Sehingga diperlukan partisipasi berbagai pihak untuk menjaga dan meningkatkan kelestarian lingkungan.

Selain melakukan pembagian tas, juga dilaksanakan sosialisasi mengenai kriteria penilaian Pasar Rakyat Award yang akan dilakukan Pemerintah Pusat. Dimana pasar rakyat di Denpasar juga akan dinilai.

Untuk itu di harapkan pasar-pasar rakyat di Denpasar agar bersiap-siap. Penailaian didasarkan tiga kategori, yakni Pasar Ramah Lingkungan, Pasar Ramah Difabel dan Pengelola Pasar Rakyat Terbaik.

Untuk Kota Denpasar, ada empat pasar rakyat yang ikut serta dalam Pasar Rakyat Award, yaitu Pasar Badung, Pasar Agung Pasar Kerta Waringin Sari dan Pasar Sindu.

“Seluruh pasar rakyat di Denpasar wajib bergegas dan bersiap-siap untuk penilaian Pasar Rakyat Award yang akan dilakukan oleh Pemerintah Pusat. Ke depan pasar rakyat diharapkan mampu bersaing dan menjadi wahana peningkatan harkat dan martabat pedagangan serta UMKM,” demikian Anom Suniem. (tra)

BACA JUGA:  Tingkatkan Literasi, Pemkab Jembrana Bangun Perpustakaan Milenial