Amankan Pemilu 2019, Korem 163/Wirasatya Terjunkan 2.000 Personel

Kolonel Arh AM Suharyadi pada perayaan HUT ke-58 Korem 163/Wira Satya. (foto : Agung W)

Beritabalionline.com – Korem 163/Wira Satya menerjunkan sebanyak 2.000 personel guna mengamankan pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif yang berlangsung serentak pada 17 April 2019 mendatang.

“Jumlah tersebut tentu masih ditopang dengan unsur-unsur lainnya,” ucap Komandan Korem 163/Wira Satya Kolonel Arh AM Suharyadi saat ditemui usai perayaan HUT ke-58 Korem 163/Wira Satya di Aula Makorem, Denpasar, Senin (25/2/2019).

Secara umum kata Danrem, hingga saat ini tidak ditemukan gangguan-gangguan yang menonjol menjelang hajatan pesta demokrasi di Provinsi Bali. TNI akan terus membantu tugas-tugas kepolisian guna menjaga situasi agar Bali tetap aman dan kondusif.

“Berkaca dari Pilgub kemarin, Bali dikatakan sebagai daerah paling aman dari segala gangguan keamaman. Dan ini yang akan kita upayakan dalam Pemilu serentak nanti,” jelas Danrem.

Di internal, pihaknya telah berkunjung ke Kodim se Bali. Selain untuk meneguhkan netralitas TNI, kunjungan tersebut juga untuk melakukan pemantauan wilayah menjelang Pemilu.

“Dua minggu lalu secara serentak di seluruh Indonesia, termasuk kami di Korem 163/Wira Satya melakukan latihan pengamanan pemilu. Kami persiapkan perkuatan-perkuatan dengan kemampuan dan batas kemampuan yang kami miliki. Belum lagi nanti ada unsur-unsur dibawah Panglima langsung seperti bataliyon-bataliyon di Bali. Jadi kami secara sinergi melakukan pengamanan dalam tugas negara tersebut,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut Danrem kembali menegaskan netralitas TNI dalam Pemilu. Kepada anggota keluarga TNI, Danrem mendorong agar turut berpartisipasi menggunakan hak pilih sesuai dengan hati nurani masing-masing.

Sementara itu, saat memberikan sambutan perayaan HUT ke-58 Korem 163/Wira Satya ke-58, Danrem mengatakan bahwa peringatan Hari Ulang Tahun Korem 163/Wira Satya bukan hanya sekadar melaksanakan rutinitas tradisi satuan belaka.

BACA JUGA:  Cegah Corona, K3S Kota Denpasar Gagas Gerakan 10 Ribu Masker

“Syukuran hari ulang tahun merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan kembali semangat, jiwa korsa dan kebanggaan terhadap satuan, serta merupakan momentum yang baik untuk melakukan evaluasi dan mawas diri terhadap kinerja satuan dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada TNI AD, masyarakat, bangsa dan negara,” katanya.

Sejak kelahiran satuan ini 58 tahun silam, Korem 163/Wira Satya telah menunjukkan karya terbaik dan pengabdian yang membanggakan. Rangkaian keberhasilan yang telah dicapai selama ini membuktikan eksistensi Korem 163/Wira Satya bertugas di wilayah Bali, demikian Danrem. *agw