Warga Cilacap Hadiahi Jokowi Bambu Pethuk Sakti

Presiden Jokowi tunjukkan Bambu Pethuk Sakti pemberian warga Cilacap. (foto : Liputan6.com)

Beritabalionline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat Bambu Pethuk Sakti saat melakukan kunjungan kerja ke Cilacap Jawa Tengah, Senin (25/2/2019). Bambu tersebut diterima saat dirinya hendak menuju Gedung Patra Graha Pertamina untuk menyerahkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Jokowi menceritakan, kala itu ada warga yang menghadang mobilnya saat akan menghadiri acara penyerahan bantuan tersebut. Secara tiba-tiba warga itu memberikan Bambu Pethuk Sakti.

“Ini tadi pas lewat di jalan di sebelah timur, dicegat masyarakat. Kemudian saya buka mobil saya, saya diberi (bambu) ini. Saya nggak tahu ini apa, yang jelas saya tahu bambu,” katanya, Senin (25/2/2019), dilansir merdeka.com.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu lalu membawa Bambu Pethuk Sakti ke atas podium dan ditunjukkan kepada penerima PKH. Ternyata, bambu itu bukanlah sembarang bambu.

Bambu yang diberikan kepada Jokowi dikenal warga setempat sebagai pring petuk. Bambu seperti ini langka, karena yang batang buku atau ruasnya menghadap satu sama lain. Oleh karena itu, benda ini dianggap sakti dan bisa membuat kaya.

“Yang pegang ini biasanya sakti. Pas yang pegang saya,” ujar Jokowi.

Dalam beberapa literasi dan mitos Jawa, bambu ini konon menjadi incaran, karena ribuan manfaat yang diperoleh. Mitosnya, bisa mengundang rezeki, penglaris, dan hal lain yang mengundang unsur kekayaan. Bahkan, bambu ini dipercaya bisa membuat seseorang yang memiliki bambu petuk itu, mempunyai kharisma yang luar biasa.

 

BACA JUGA:  Resmikan Pasar Badung, Presiden Jokowi Disambut 2.000 Penari Pendet