Wakil Wali Kota Bandung Sambangi Pasar Badung

Wakil Wali Kota Bandung (kaos putih) saat menyambangi Pasar Badung. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Keberhasilan Pemkot Denpasar dalam pengembangan tata kelola pasar rakyat yang profesional dalam balutan smart heritage market, yang didukung dengan peningkatan infrastruktur menjadikan Denpasar sebagai percontohan dari daerah lain di Indonesia.

Kali ini Pemkot Bandung yang dipimpin langsung Wakil Wali Kota, Yana Mulyana dalam kunjungannya ke Bali tak mau ketinggalan menyambangi Pasar Badung dan Taman Kumbasari, Tukad Badung, Senin (25/2/2019).

Adapun kedatangan orang nomor dua di Kota Kembang itu terkait pelaksanaan study tiru di beberapa bidang, seperti role model revitalisasi pasar rakyat melalui dana APBN, investasi dengan steakholder, pembinaan pengelolaan pasar rakyat serta pasar rakyat yang telah mengantongi SNI.

Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana menyatakan kekagumannya dengan program revitalisasi pasar rakyat serta peningkatan tata kelola pasar profesional yang dilakukan Pemkot Denpasar. Dimana, saat ini Pasar Badung yang telah dibangun menggunakan kombinasi pendanaan pusat dan daerah ini memiliki wajah baru yang megah.

Pasar Badung.

“Kami sangat antusias dan tertarik untuk mempelajari bagaimana Denpasar mampu menata pasar rakyat baik dari segi tata kelola dan peningkatan infrastruktur pasar melalui program revitalisasi pasar,” ungkapnya.

Lebih lanjut Yana Mulyana menjelaskan bahwa Pasar Badung kini telah menjadi pasar rakyat yang tertata dengan rapi. Dimana pedagang terzonasi dengan baik, dilengkapi dengan eskalator dan basement serta beragam fasilitas guna mendukung penerapan pasar rakyat sekaligus obyek wisata pasar.

“Keberhasilan dalam peningkatan tata kelola dan revitalisasi pasar ini akan kita terapkan di Kota Bandung, serta komitmen Pemkot Denpasar dalam memberikan perhatian serius bagi tumbuh kembangnya ekonomi kerakyatan,” ujar Yana Mulyana.

BACA JUGA:  Komsos Bakti Sosial TNI Beri Layanan Kesehatan pada Masyarakat Nusa Penida

Sementara itu Kabag Organisasi Setda Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswati mengatakan, Pemkot Denpasar sangat terbuka bagi siapapun yang ingin untuk berdiskusi tentang beragam inovasi guna mendukung kesejahteraan masyarakat.

Ia menambahkan, pengembangan pasar rakyat di Kota Denpasar tidak hanya menjadi wahana bertemunya antara penjual dan pembeli saja, melainkan juga mengakomodir proses jual beli serta menjadi salah satu daerah tujuan wisata (DTW) baru di tengah kota yang terintegrasi dengan city tour. (tra)