Bupati Mas Sumatri – PN Amlapura Teken Pencanangan Zona Integritas

Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri bersama Ketua Pengadilan Negeri Amlapura I Gede Putra Astawa dan Kejari Amlapura melakukan penandatangan Zona Integritas .(foto:ist)

Beritabalionline.com – Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri bersama Ketua Pengadilan Negeri Amlapura I Gede Putra Astawa menandatangani pencanangan Zona Integritas di Pengadilan Negeri (PN) Amlapura, Senin (25/2/2019). Penandatanganan juga dilakukan pihak Kejaksaan Amlapura, Polres Karangasem dan DPRD Karangasem.

Usai penandatanganan, Bupati Mas Sumatri mengatakan, reformasi birokrasi menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani, di Pengadilan Negeri Amlapura, sangat ditentukan oleh kapasitas dan kualitas integritas masing-masing individu. Hal tersebut diakuinya memiliki relevansi dalam peningkatan kapasitas dan kualitas integritas.

Agar pelaksanaan pembangunan zone integritas Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani di Pengadilan Negeri Amlapura dapat berjalan dengan baik, Bupati mengimbau untuk senantiasa meningkatkan tata kelola manajemen yang baik seperti transparansi, akuntabilitas, partisipatif, implementasi kebijakan sesuai dengan rencana dan peraturan perundang undangan yang berlaku.

“Pencanangan zona integritas yang dilaksanakan PN Amlapura, sangat tepat dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas kerja jajaran PN Amlapura, kami juga dalam waktu dekat akan mencanangkan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu,” terang Mas Sumatri.

Ketua Pengadilan Negeri Amlapura Gede Putra Astawa, mengatakan zone integritas adalah predikat yang diberikan kepada kementerian yang berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih dari korupsi dan melayani. “Zone Integritas ini kami canangkan dalam upaya mewujudkan akuntabilitas kinerja di jajaran PN Amlapura,” ucapnya.

Dikatakan, sebagai salah satu badan pengadilan dibawah Mahkamah Agung, PN Amlapura mempunyai kewajiban melaksanakan visinya mewujudkan badan pengadilan yang agung yang didalamnya ada transparansinya. “Kegiatan ini tidak sebatas seremonial saja, semoga kedepan masyarakat yang datang ke pengadilan bisa mendapatkan pelayanan yang baik,” katanya

BACA JUGA:  Jaga Lingkungan, DLH Lakukan Pembinaan Sekolah Imbas Adiwiyata

Sebagai langkah awal, dalam penerapan pencanangan Zona Integritas tersebut, lanut Putra Astawa, PN Amlapura telah menerapkan pelayanan terpadu satu pintu, sehingga segala sesuatu penerimaan perkara baik urusan kesekretariatan umum, persuratan maupun pelimpahan perkara pidana di urus dalam satu pintu.  (yaw)