TPQ Daarul Qur’an Denpasar Wisuda 42 Santriwan dan Satriwati

TPQ DaarulQur’an Denpasar wisuda santriwan dan satriwati. (foto : Agung W/Bertitabalionline.com)
Beritabalionline.com – Taman Pendidikan Al-qur’an (TPQ) Daarul Qur’an Denpasar mewisuda 42 orang santriwan dan satriwatinya setelah dinyatakan lulus mengikuti ujian yang diselenggarakan TPQ Daarul Qur’an pada bulan Desember 2018.
“Wisuda ini merupakan wisuda yang kedua kami gelar. Sebelumnya pada tahun 2017 kami juga mewisuda 36 orang santriwan dan satriwati, jadi ada kenaikan yang diwisuda,” terang Kepala TPQ Daarul Qur’an H. Fathuri ketika ditemui usai wisuda, Sabtu (24/2/2019) di Hotel The Grand Shanti Denpasar.
Ia lalu menceritakan bahwa TPQ Daarul Qur’an yang berlokasi di Jalan Gunung Seraya 2D nomor 9, Monang-maning, Denpasar Barat pertama didirikan pada tahun 1997. Saat itu hanya ada tiga siswa saja yang belajar mengaji. Namun seiring waktu, saat ini jumlah santri yang belajar telah mencapai 167 santri.
“Proses mengaji di rumah saya mulai dari jam 07.30 pagi sampai dengan jam 20.00 malam. Silih berganti dan itu setiap hari berlangsung,” terangnya dalam wisuda yang dihadiri Ketua MUI Kota Denpasar dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Denpasar, serta orang tua santri.
H. Fathuri menuturkan, dengan segala keterbatasan lantaran pihaknya tidak menarik iuran seperti SPP ketika mengajar, prestasi yang diraih para santriwan dan satriwati yang dididiknya bersama pengajar lain telah mampu menorehkan prestasi luar biasa, baik tingkat lokal maupun nasional.
“Santri kami pernah menjadi juara 1 saat lomba nasional yang digelar di Sidoarjo, Jawa Timur, kemudian ada juga yang meraih juara 2. Dan Alhamdullilah santri kami rutin menjadi peserta saat ada lomba-lomba seperti Musabaqah Tilawatil Quran,” jelas H. Fathuri.
Terkait kegiatan yang diselenggarakan di hotel, alumni salah satu pondok pesantren di Jawa Timur ini menuturkan hal itu dilakukan sebagai bentuk apresiasi kepada santriwan dan santriwati yang mampu membaca dan menghafal ayat-ayat Alquran hingga dinyatakan lulus dan diwisuda. (agw)
BACA JUGA:  Maknai Hari Kasih Sayang, Bupati Eka Sambangi 'Dadong' Yuni dan Undang Puluhan Anak Yatim