Gunung Agung Kembali Erupsi, Aktivitas Penerbangan Bandara Ngurah Rai Berjalan Normal

Kondisi Gunung Agung, Jumat (22/2/2019) sekitar pukul 18.27 Wita (foto : ist)
Beritabalionline.com – Gunung Agung di Kabupaten Karangasem kembali erupsi, Jumat (22/2/2019) sekitar pukul 16.31 Wita. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Geologi (PVMBG) mencatat tinggi kolom abu teramati kurang lebih 700 meter.
“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 11 mm dan durasi ± 6 menit 20 detik,” terang Devy Kamil Syahbana selaku Kepala Sub Bidang Mitigasi Pemantauan Gunung Api Wilayah Timur PVMBG melalui siaran pers.
Devy menyampaikan, kendati kolom abu condong ke arah timur, namun arah angin cenderung mengarah ke barat. Sehingga PVMBG mengeluarkan Vona dengan kode warna orange agar pihak penerbangan udara dapat mengantisipasi lebih cepat jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan.
“Analisis data komprefensif dari jaringan peralatan pemantauan Gunung Agung, menunjukkan bahwa dalam beberapa hari terakhir ini terjadi peningkatan aktivitas magmatik di dalam tubuh Gunung Agung. Sehingga, erupsi yang terjadi merupakan suatu keniscayaan dan wajar terjadi,” kata Devy.
Devy menambahkan, Gunung Agung masih tetap berpotensi untuk erupsi kembali. Karena tipe erupsi yang mungkin terjadi dapat bersifat efusif atau aliran lava ke dalam kawah, maupun eksplosif atau lontaran lava pijar maupun abu.
“Indikasi untuk terjadinya erupsi yang besar atau yang setara dengan November 2017 lalu masih belum teramati. PVMBG terus melakukan pemantauan 24 jam setiap hari untuk mengevaluasi ancaman bahayanya. Masyarakat agar tetap tenang namun tetap siaga dan mengikuti rekomendasi dari PVMBG,” ucapnya.
Dikonfirmasi terkait peringatan dini dari PVMBG dengan dikeluarkannya vona orange, Kepala Humas Bandara I Gusti Ngurah Rai Arie Ahsanurrohim menegaskan situasi penerbangan di Bandara Ngurah Rai masih berjalan normal.
“Masih aman, aktivitas penerbangan juga masih berjalan normal,” kata Arie melalui pesan WhatsApp. (agw)
BACA JUGA:  Penerbangan dari Bali ke China Dihentikan Sementara