Peringati HPSN, Polres Badung Gelar Aksi Bersih-bersih Sampah Plastik

Polres Badung bersihkan sampah plastik di Pasar Beringkit. (foto ; Antara)

Beritabalionline.com – Polres Badung, Bali, melakukan gerakan aksi bersih-bersih sampah pelastik di Pasar Beringkit, Desa Mengwitani, Kabupaten Badung, Kamis (21/2/2019). Aksi ini dilakukan serangkaian peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

Kapolres Badung AKBP Yudith Satriya Hananta mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk membantu masyarakat mengurangi penggunaan dan penyebaran sampah plastik di lingkungan sekitar.

“Aksi bersih-bersih sampah plastik di Pasar Hewan Bringkit dan seputaran subak Bringkit ini bertujuan untuk menekan penggunaan dan penyebaran sampah plastik,” ujar Yudith.

Dijelaskan, aksi ini melibatkan sekitar 300 orang terdiri dari personel Polres Badung, Kodim Badung, karyawan PD Pasar Badung, SMK Pariwisata dan masyarakat sekitar.

Melalui kegiatan ini, Kapolres berharap Kabupaten Badung terbebas dari sampah plastik, khususnya yang ada di pasar setempat, sehingga banyak masyarakat yang datang melihat suasana bersih dari sampah plastik.

“Saya sangat berharap kepada seluruh komponen masyarakat agar bisa berperan aktif untuk melakukan gerakan kebersihan lingkungan khususnya sampah plastik, sehingga wilayah Badung bebas dari sampah plastik,” ujarnya.

Setelah sampah plastik yang terkumpul di Pasar Hewan Bringkit dan Subak Bringkit, selanjutnya sampah diangkut menggunakan truk sampah dari Dinas Lingkungan Hidup menuju TPA Ia mengatakan, penggunaan plastik sebagai alat pembungkus barang sangat banyak, sehingga setiap tahun penggunaan tas dari plastik semakin meningkat.

Setelah plastik ini digunakan, biasa dibuang begitu saja oleh masyarakat atau pengguna plastik di sembarang tempat, sehingga berserakan dimana-mana. “Plastik ini banyak mengandung zat kimia dapat membahayakan lingkungan hidup karena sulit terurai,” terang Kapolres. (agw)

BACA JUGA:  Enam Pejabat Utama Polresta Denpasar Dimutasi