KONI Gianyar Wajibkan Cabor Gelar Kejuaraan

Pande Purwata

Beritabalionline.com – KONI Kabupaten Gianyar mewajibkan pengurus kabupaten 40 cabang olahraga (cabor) anggotanya wajib menggelar kejuaraan sebagai ajang seleksi atlet di masing-masing cabor yang diturunkan pada Porprov Bali XIV/2019.

Seleksi lewat kejuaraan itu dilakukan untuk melihat kondisi terkini maupun perkembangan prestasi para atlet.  Kejuaraan nanti bertajuk Piala Bupati Gianyar 2019. Sebab Porprov tinggal enam bulan lagi, sehingga dalam dua bulan lagi minimal masing-masing cabor sudah membentuk tim bayangan dan pada akhirnya membentuk definitif.

“Harapan kami 40 cabor menggelar kejuaraan Piala Bupati. Sebab, dukungan Pemerintah Gianyar saat ini sangat besar terhadap dunia olahraga,” ucap Ketua Umum KONI Kabupaten Gianyar, Pande Purwata, Senin (19/2/2019).

Menurut Purwata, pentingnya menggelar kejuaraan karena di masing-masing cabor akan ada penggalian prestasi secara berkelanjutan. Apalagi bersiap jauh hari sebelum Porprov. Hal itu lebih bagus. Sebab, kata Purwata, prestasi didapat tidak otodidak.

Namun melalui proses panjang. Salah satunya lewat kejuaraan resmi. Dengan begitu setiap atlet akan termotivasi. Dan, juga menggunakan kejuaraan itu sebagai arena mengevaluasi diri.

“Kejuaraan di masing-masing cabor ini program kerja KONI Gianyar, yang ingin menggelorakan olahraga lebih merakyat lagi,” tegas Pande Purwata.

Mantan anggota DPRD Gianyar itu mengatakan, lewat kejuaraan secara berkesinambungan itu geliat olahraga pasti lebih terasa. Apalagi beberapa cabor mulai menggelar Piala Bupati. Seperti cricket, catur dan basket. Bahkan cabor lainnya juga bersiap menggelar kejuaraan, seperti silat, binaraga, karate dan sepakbola

Menanggapi langkah KONI Gianyar mirip program yang dilakukan Badung dan Denpasar, Pande Parwata menyebutkan memang harus ada aktivitas yang menggeliat dan bermanfaat bagi cabor.  “Dulu sebenarnya sudah ada, tapi tidak begitu menggema. Makanya, sekarang lebih didorong lagi,” tandas Pande Parwata.(arz)

BACA JUGA:  Klub Liga 1 Panen Sanksi Berat, Menpora: Harus Beri Efek Jera