Karangasem Jadi Tuan Rumah Festival Kelapa Internasional

Suasana rapat pemantapan dengan koalisi pemerintah kabupaten penghasil kelapa atau Kopek serangkaian Karangasem akan menjadi tuan rumah Festival Kelapa Internasional ke-3.(foto:ist)

Beritabalionline.com – Pemkab Karangasem akan menjadi tuan rumah Festival Kelapa Internasional ke-3 tahun 2019. Terkait hal tersebut, dilakukan rapat pemantapan dengan koalisi pemerintah kabupaten penghasil kelapa atau Kopek di Wantilan Kantor Bupati Karangasem, baru-baru ini.

Rapat pemantapan koalisi pemerintah kabupaten penghasil kelapa atau Kopek, dibuka secara resmi oleh Ketua Umum Kopek,  Nelson Pomalingo sekaligus Bupati Gorontalo didampingi Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri. Hadir diantaranya Bupati Indra Giri Hilir, Bupati Agam, Bupati Kepulauan Sula, Bupati Buol, Bupati Maluku Tengara dan sejumlah perwakilan Bupati anggota Kopek se- Indonesia, International Coconut Community World Coconut Centre dan pengusaha kelapa di Indonesia.

Bupati Karangasem Gusti Ayu Mas Sumatri memaparkan, jumlah tanaman kelapa sampai tahun 2017 di Kabupaten Karangasem tercatat sebanyak 18.290 hektar dan akan terus dikembangkan untuk kelapa-kelapa eksotik jenis genjah dan kelapa upacara. Untuk kelapa, pada tahun 2017 sudah dikembangkan sebanyak 150 hektar, tahun 2018 sebanyak 250 hektar, dan tahun 2019 akan ditanam lagi seluas lahan 200 hektar. Kelapa telah menjadi bagian yang penting bagi kehidupan masyarakat Bali dalam kehidupan sehari-hari dan untuk kebutuhan ritual agama dan adat.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Pemkab Karangasem telah mencanangkan kegiatan penanaman sejuta kelapa Genjah seperti  Kelapa Genjah Orange Bali, Kuning, Kelapa Salak, Kelapa Kopyo, Entog dan yang lainnya. “Ke depannya kami akan terus berusaha untuk memperbaiki agribisnis kelapa terutama pada sektor hirisasi kelapa dengan konsep pengolahan kelapa sistem zero waste dalam artian semua komponen kelapa bisa diolah dan dapat menghasilkan nilai tambah,” ujar Mas Sumatri.

Festival Kelapa Internasional yang ke-3 di Karangasem tentunya sangat berbeda dengan pelaksaaan Festival Kelapa Internasional yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Hal ini disebabkan Festival Kelapa Internasional kali ini akan dikolaborasikarn dengan Festival Subak Karangasem yang sudah ada sebelumnya dan sudah terbukti sukses. (Jab)

BACA JUGA:  Ratusan Delegasi IMF-WB Kunjungi Penglipuran