Jelang Pemilu 2019, Polda Bali Inventarisir Persoalan Keamanan

Polda Bali menggelar silaturahmi dengan KPU Bali. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Kepolisian Daerah (Polda) Bali terus menginventarisir berbagai persoalan keamanan di lapangan yang dimungkinkan dapat menghambat persiapan penyelenggara, termasuk pengawas saat berlangsung Pemilu serentak 2019.

“Kita inventarisasi semua persoalan. Apapun itu, dan kita selalu koordinasi dengan KPU, juga dengan Bawaslu. Kalau ada kendala yang ditemukan segera kita sampaikan,” ucap Direktur Intelkam Polda Bali Kombes Pol. Wahyu Suyitno.

Hal itu dikatakannya saat ditemui usai Polda Bali menggelar silaturahmi dengan Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan beserta komisioner KPU Provinsi Bali lainnya di Tuban, Kabupaten Badung, Selasa (19/2/2019).

Kombes Wahyu Suyitno menambahkan, pihaknya ingin Pemilu 2019 ini berintegritas serta berjalan secara jujur dan adil. Netralitas penyelenggara menjadi salah satu indikator utama untuk mewujudkan harapan tersebut.

“Prinsipnya kita ingin Pemilu ini berintegritas, berjalan jujur dan adil. Itu sebabnya kita bersilaturahmi dengan seluruh komponen terkait, termasuk KPU selaku penyelenggara,” tandasnya.

Kendati demikian, lanjut Kombes Wahyu, hingga saat ini belum ditemukan sesuatu yang dapat menggangu jalannya pesta demokrasi di Bali. Termasuk informasi hoaks, ujaran kebencian dan lain-lain.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan memberikan apresiasi kepada Polda Bali yang telah membangun komunikasi dan koordinasi secara intensif dengan semua pihak menjelang Pemilu Serentak 2019 ini.

Menurutnya, dengan silaturahmi ini diharapkan akan memudahkan koordinasi di lapangan nanti. “Kita mengapresiasi karena dengan adanya silaturahmi ini kita juga bisa saling berkoordinasi. Prinsipnya, kami berkomitmen untuk melaksanakan proses ini secara jujur, adil dan berintegritas,” ujar Lidartawan didampingi anggota KPU Bali, Gede John Darmawan dan Luh Putu Sri Widiastini.

BACA JUGA:  Pasien Positif Covid-19 di Denpasar Bertambah 33 Orang, Sembuh 20, Meninggal 1

Sebelum menggelar pertemuan dengan Komisioner KPU Provinsi Bali, Polda Bali telah beberapa kali bersilaturahmi dengan Ketua partai politik di Bali, serta sejumlah tokoh masyarakat terkait persiapan menjelang hari pencoblosan 17 April mendatang.

Pertemuan tersebut digelar dalam rangka mewujudkan Pemilu 2019 yang Jujur, adil dan berintegritas. *agw