Indonesia Mencalonkan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games untuk kali kedua.(foto:ist)

Beritabalionline.com – Indonesia mengajukan diri sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032 melalui surat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kepada Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach.

Penyerahan surat Jokowi dilakukan Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad pada 11 Februari. Salinan surat menjadi tuan rumah Olimpiade ke-35 itu telah diterima Bach dengan respons positif.

Direktur Eksekutif IOC Christope Dubi merespons positif keputusan Indonesia mengajukan diri sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032.

“IOC sudah mengakui kapabilitas Indonesia pada saat penyelenggaraan Asian Games dan Asian Paragames 2018 yang berjalan sukses. Kami rasa ini menjadi fondasi yang cukup kuat,” kata Dubi.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo telah menyampaikan keinginan menyelenggarakan Olimpiade kepada Bach yang sempat mengunjungi Indonesia pada penutupan Asian Games 2018.

Mengenai pencalonan tuan rumah Olimpiade 2032, Muliaman Hadad menganggapnya sebagai kesempatan baik untuk menunjukkan kemampuan ekonomi Indonesia. Proses pemilihan tuan rumah Olimpiade 2032 akan dilaksanakan selambat-lambatnya pada 2024.

Jika berhasil menjadi tuan rumah, maka Indonesia akan menjadi negara Asia keempat yang menyelenggarakan Olimpiade setelah Jepang, China, dan Korea Selatan.

Tokyo, Paris, dan Los Angeles telah ditetapkan sebagai tuan rumah Olimpiade secara berturut-turut pada tahun 2020, 2024, dan 2028. India serta Korea Selatan yang bersatu dengan Korea Utara akan menjadi kompetitor Indonesia dalam persaingan menyelenggarakan Olimpiade 2032.(arz)

BACA JUGA:  Bali United Menang 3-0 Atas Mitra Kukar di Piala Presiden