Bupati Mahayastra Serahkan Bansos untuk Pura Dalem

Bupati Gianyar Made Agus Mahayastra menyerahkan bantuan pada Bendesa Adat Br. Badung I Wayan Darmika yang disaksikan oleh tokoh masyarakat setempat, di lokasi Pura dalem setempat.(foto:yesi)

Beritabalionline.com – Terkait musibah amblasnya bangunan Pura Dalem di Banjar Badung, Desa Pakraman Melinggih, Payangan pada 12 Januari lalu akibat hujan lebat, Pemkab Gianyar merespon cepat atas musibah tersebut dengan memberikan bantuan agar dilakukan perbaikan pura tersebut.

Pemkab Gianyar memberikan bantuan dana bansos sebesar Rp1 miliar untuk rehab pura tersebut. Bantuan itu diserahkan oleh Bupati Gianyar Made Agus Mahayastra kepada Bendesa Adat Br. Badung I Wayan Darmika yang disaksikan oleh tokoh masyarakat setempat, di lokasi Pura Dalem setempat, baru-baru ini.

Bendesa Adat Banjar Badung I Wayan Darmika yang dihubungi pada Senin (18/2) menjelaskan kejadian musibah tersebut. Dimana pada tanggal 12 Januri sebuah bangunan Pura Dalem tepatnya Pura Parjapati amblas ke dalam jurang sedalam 15 meter pada pukul 14.00 Wita akibat hujan deras yang mengguyur deras. “Bangunan yang amblas akibat longsor tersebut terdiri dari dua pelinggih Prajapati beserta tembok, pelinggih Ulun Pangkung dan sebuah bangunan perantenan (dapur) berukuran 6 x 12 meter,” katanya.

Dijelaskan juga saat ini proses perbaikan bangunan sudah dimulai dengan mendatangkan alat berat untuk membersihkan dan meratakan tanah di di lokasi longsor. Menurut I Wayan Darmika prioritas utama proses rehab ini adalah membangun tembok senderan sepanjang 35 meter dan bangunan pelinggih prajapati. “Bangunan pelinggih prajapati ini harus segera terkait jika ada kematian di masyarakat, begitu pula halnya dengan tembok senderan karena jika tidak segera dibangun takutnya jika terjadi hujan deras akan terulang musibah serupa,” jelas I Wayan Darmika.

Dijelaskan lagi, setelah rembug dengan para tokoh masyarakat dan pihak terkait, menurut I Wayan Darmika rehab bangunan pelinggih dan senderan diperkirakan menghabiskan dana sekitar Rp3,5 miliar dan itu akan dilakukan secara bertahap, mengingat besarnya biaya yang dibutuhkan. Selain bantuan dari pemerintah, untuk sisanya akan dilakukan penggalian dana dan mungkin juga peturunan dari warga desa yang berjumlah sekitar 411kepala kelurarga (KK).

BACA JUGA:  AS Awasi Kemungkinan Campur Tangan Asing dalam Pemilu 6 November

Namun begitu, pihaknya tidak bisa mengharuskan warga untuk urunan dalam jumlah yang besar mengingat kebanyakan mata pencaharian warganya adalah petani. I Wayan Darmika  bersama  warga masyarakat di Br. Badung Desa Pakraman Melinggih juga mengucapkan banyak terimakasih pada Pemkab Gianyar khususnya Bupati Gianyar I Made Mahayastra atas perhatian dan bantuan yang telah diberikan atas musibah longsor yang menimpa bangunan Pura Dalem di Banjar Badung Melinggih Payangan.

Sementara itu Bupati Gianyar Made Mahaystra berpesan agar masyarakat selalu waspada akan bencana alam yang tiba-tiba saja bisa terjadi. Saat ini hujan masih sering mengguyur Gianyar, masyarakat harus tetap waspada. Terkait rehab bangunan di Pura Dalem di Br. Badung Desa Melinggih Payangan, Bupati berpesan agar rehab segera dilakukan karena terkait dengan proses agama dan adat istiadat di wilayah setempat. Pihaknya berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban peturunan masyarakat. (yes)