Maknai Hari Kasih Sayang, Bupati Eka Sambangi ‘Dadong’ Yuni dan Undang Puluhan Anak Yatim

Bupati Eka (kanan) dan Dadong Yuni. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Bagi sebagian besar orang, Hari Kasih Sayang biasanya dirayakan bersama orang terkasih dengan memberikan hadiah spesial. Namun tidak demikian halnya dengan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. Di sela-sela kesibukannya yang sangat padat, Bupati Eka berkesempatan menyambangi warga kurang mampu di Kabupaten Tabanan.

Salah satu yang disambangi Bupati Eka adalah seorang nenek bernama Dadong Yuni, warga asal Desa Yeh Gangga Kecamatan Tabanan, Kamis (14/2/2019). Menurut Bupati Eka, momen Hari Kasih Sayang terasa jauh lebih bermakna tatkala kita bisa berbagi dengan sesama apalagi bagi mereka yang sangat membutuhkan uluran tangan.

Bupati Eka mengatakan, kasih itu sifatnya suci apalagi jika didasari oleh niat yang tulus untuk berbagi. Menurutnya, dengan rasa simpati dan empati akan timbul rasa kasih sayang untuk membantu serta berbagi kepada sesama.

“Memaknai Hari  Kasih Sayang bisa dilakukan dengan berbagai cara, namun saya lebih tersentuh dan lebih merasa bersyukur apabila mampu berbagi kasih dengan mereka yang membutuhkan,” ungkapnya.

Menurutnya, diantara begitu banyak orang yang bisa menikmati hidup layak, masih ada saudara-saudara kita yang memerlukan perhatian kita. Dirinya mengajak seluruh warga khususnya warga Tabanan untuk lebih empati kepada sesama, meningkatkan rasa peduli dan toleransi.

“Saya mengajak seluruh warga untuk meningkatkan rasa peduli, memberi dengan tulus karena tidak semua orang bisa menikmati hidup yang layak,” imbuhnya.

Kedatangan Bupati Eka menyambangi nenek (Dadong) Yuni bukanlah suatu kebetulan, karena menurutnya, Dadong yuni merupakan salah satu tokoh inspiratif bagi dirinya. Di usia yang sudah senja, semangat Dadong Yuni untuk mencari nafkah patut diteladani. Di tengah panasnya suasana Pantai Gangga di siang hari, Dadong Yuni masih semangat mengais rezeki dengan mengumpulkan kayu bakar, yang mungkin bila dijual harganya tidak seberapa mahal, namun setidaknya beliau masih tetap berusaha.

BACA JUGA:  Tabanan Harmoni Langkah Nyata Perkokoh Toleransi Berbangsa

“Saya merasa sangat tersentuh melihat semangat beliau, di usia yang sudah senja dan tubuh yang renta, beliau masih semangat mengais rejeki. Ini bisa menjadi inspirasi bagi kita khususnya kawula muda, karena tidak ada yang tidak mungkin kalau kita suda mau berusaha,” ujarnya.

Sementara itu, Dadong Yuni yang masih belum percaya dirinya mendapat kunjungan dari orang nomor satu di Tabanan tersebut, tidak bisa menyembunyikan rasa harunya. Apalagi ketika Bupati Eka memberikannya hadiah berupa pakaian, obat-obatan serta uang tunai. Dia seperti tidak percaya, bahkan ia sempat terdiam dan meneteskan air mata.

“Rasanya seperti mimpi, saya tidak percaya ada orang yang memperhatikan saya sampai seperti ini dan tidak tanggung-tanggung, orang itu adalah Bupati Tabanan. Semoga beliau selalu diberi kesehatan dan kebahagiaan,” ujarnya.

Tidak hanya berbagi kasih dengan Dadong Yuni, di momen hari kasih sayang kali ini Bupati Eka juga berbagi dengan 21 orang anak yatim yang merupakan anak asuh Bupati Eka. Mereka sengaja diundang ke kediaman Bupati Eka agar mereka juga bisa merasakan momen kebersamaan dengan Bupati Eka dan keluarga.

Kepala Dinas Sosial Nyoman Gede Gunawan, yang mendampingi Bupati Eka dalam kesempatan tersebut menyampaikan, sikap welas asih di Hari Kasih Sayang merupakan salah satu bentuk kepedulian yang ditunjukkan Bupati Tabanan. Di samping itu, ada banyak hal lain yang telah dilakukan Bupati Eka untuk meringankan beban warga di Tabanan, salah satunya membangun Panti Sosial Werdha Santi untuk para Lansia. (tra)