Antisipasi Cuaca Ekstrem, PDAM Kota Denpasar Lakukan Berbagai Upaya

Dirut PDAM Kota Denpasar Ida Bagus Gede Arsana. (foto : ist)
Beritabalionline.com – Cuaca ekstrem di sebagian besar wilayah Bali diperkirakan berlangsung hingga bulan Maret mendatang. Intensitas curah hujan disertai angin kencang secara tidak langsung juga berdampak pada layanan Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Kota Denpasar.
“Kita di lapangan khususnya diproduksi berusaha semaksimal mungkin dengan melakukan berbagai antisipasi terutama dalam menghadapi cuaca ekstrem yang diperkirakan berlangsung hingga bulan Maret mendatang,” ucap Dirut PDAM kota Denpasar, Ida Bagus Gede Arsana saat ditemui di kantornya, Kamis (14/2/2019).
Ia menyebut, cuaca ekstrem berupa hujan deras membuat air menjadi keruh. Akibat dari kekeruhan tersebut, Instalasi Pengolahan Air (IPA) akan terganggu sehingga tidak bisa berproduksi secara maksimal. Dampak lain yaitu kebocoran pada mesin produksi.
“Namun demikian kami tetap berupaya karena itu bagian dari pelayanan, kecuali air sudah tidak bisa dioalah akibat banjir bandang, lain lagi ceritanya. Karena memang maksimum pengolahan air keruh hanya sampai 2.000 NTU, diatas itu tentu sudah mengganggu produksi,” paparnya.
Arsana menerangkan, terlepas dari kondisi cuaca ekstrem, saat ini titik-titik yang rentan terhadap gangguan layanan yakni di wilayah Denpasar Barat dan Denpasar Utara. Penyebabnya, kedua wilayah tersebut berada di dataran lebih tinggi dibandingkan wilayah lainnya.
“Belum lagi penduduk Kota Denpasar yang setiap tahun bertambah 2 sampai 3 persen, tentu berdampak di kita. Saya mengimbau kepada para pelanggan agar menggunakan air sesuai dengan kebutuhan. Kemudian untuk pelanggan rumah tangga, saya juga imbau untuk membuat penampungan air untuk mengantisipasi gangguan yang tiba-tiba terjadi,” kata Arsana.
Dalam kesempatan tersebut Dirut PDAM Kota Denpasar menambahkan, untuk bulan ini pihaknya mempunyai program yaitu memberikan diskon khususnya kepada masyarakat yang memasang sambungan baru. (agw)
BACA JUGA:  Bengkel Sepeda Motor Ludes Diamuk Si Jago Merah