GPS Harapkan Wakil Bali di Senayan Tak Numplek di Tempat “Basah”

Pasek Suardika (dua dari kanan) dalam diskusi “Meneropong Aspirasi Bali di Senayan”. (foto : ist)
Beritabalionline.com – Caleg DPR RI dapil Bali dari Partai Hanura I Gede Pasek Suardika (GPS) berharap wakil Bali yang duduk di DPR RI Senayan nanti bisa menyebar di semua komisi dan tidak numplek di satu tempat ‘basah’ yang banyak dana bansosnya.
“Tidak seperti sekarang banyak komisi yang ‘bolong’ tanpa ada wakil dari Bali. Padahal, keterwakilan Bali di tiap komisi itu penting untuk menyuarakan aspirasi masyarakat di berbagai bidang,” kata Pasek Suardika dalam diskusi “Meneropong Aspirasi Bali di Senayan” yang digelar Forum Peduli Bali di Denpasar, Rabu (13/2/2019).
Selain Pasek Suardika, diskusi ini juga menampilkan sejumlah pembicara caleg DPR RI lain, seperti A.A. Bagus Adhi Mahendra Putra, IGA Putri Astrid dan Ni Luh Putu Ary Pertami Djelantik, pengamat politik Nyoman Wiratmaja,M.Si. dan sejumlah mahasiswa serta tokoh masyarakat.
Mantan Ketua Komisi III DPR RI periode 2009-2014 dari Partai Demokrat itu mengatakan, saat ini ada 9 wakil Bali yang duduk di beberapa komisi. Komisi lainnya seperti komisi II dan III yang dikenal sebagai komisi “kering” tak ada wakil dari Bali.
“Wakil Bali umumnya berada di komisi ‘basah’ yang banyak bansosnya. Bahkan, ada satu komisi dijejali beberapa anggota DPR dari Bali. Padahal di dewan ada 11 komisi, sementara kuota Bali cuma 9. Kalau ada yang numplek dalam satu komisi, maka akan makin banyak yang bolong,” ungkap Pasek Suardika yang juga Waketum DPP Partai Hanura.
Ke depan, Pasek yang kini anggota DPD RI ini berharap 9 wakil Bali yang lolos ke DPR RI bisa menyebar sehingga seluruh atau sebagian besar aspirasi masyarakat Bali ada yang menindaklanjutinya di pusat. Di sisi lain menjawab pertanyaan peserta, Pasek menyebutkan wakil Bali yang lolos ke Senayan harus trengginas dalam memperjuangkan Bali di pusat.
Saat ini ada 122 caleg dari Dapil Bali yang maju ke DPR RI. Dari jumlah itu Bali dapat jatah 9 kursi. Jadi akan ada 113 yang akan terlempar di Pemilu Legislatif pada 17 April nanti.
“Saya sendiri apabila terpilih nanti, siap ditempatkan di komisi manapun. Yang penting Bali bisa terwakili secara maksimal,” katanya.
Sementara A.A. Bagus Adhi Mahendra Putra yang kini duduk di Komisi IV DPR RI membidangi masalah pertanian, mengingatkan pentingnya menjaga alam Bali seperti sumber daya air, subak dan pertaniannya.
Menurut dia, sebagai daerah pariwisata, sektor pertanian harus dijaga dengan baik sehingga bisa mendukung pariwisata yang menjadi urat nadi perekonomian Bali. (agw)
BACA JUGA:  Kali Pertama Bali Gelar Donor Plasma Darah Tangani Pasien Corona