Maria Londa Fokus Even di Qatar

Tim lompat jauh dan lompat jangkit Indonesia (dari kiri ke kanan), Suwandi Wijaya, Maria Natalia Londa, dan I Ketut Pageh (pelatih), berpose setelah menyelesaikan pertandingan.(foto:ist).

Beritabalionline.com – Salah satu atlet atletik putri andalan Bali, Maria Natalia Londa bakal fokus menghadapi kejuaraan internasional pertamanya, sebelum akhirnya tampil pada SEA Games 2019 awal Desember mendatang di Filipina.

Kejuaraan internasional itu seperti diutarakan salah satu pelatih atletika nasional dan Bali, Ketut Pageh itu tak lain yakni, Kejuaraan atletik internasional di Doha, Qatar, April mendatang. Even itu sekaligus merupakan kualifikasi Olimpiade mendatang.

“Sebelumnya Maria memang bakal turun dulu di even nasional sekaligus ajang pra-PON yakni Jatim Open Maret mendatang, sekaligus untuk mengejar limit agar bisa lolos turun di PON XX/2020 di Papua nantinya,” ujar Pageh, Senin (11/2/2019).

Tak dipungkirinya, kelolosan Maria di Qatar menuju Olimpiade untuk tahun ini sangat berat dan sulit karena menggunakan sistim berbeda dari sebelumnya. Jika sebelumnya kelolosan ke Olimpiade sangat mudah yakni cukup tembus limit, namun tahun ini menggunakan poin untuk lolos Olimpiade.

Poin itu harus dikumpulkan melalui even-even internasional. “Kondisi ini merupakan tugas PB PASI sebenarnya, caranya dengan mengirimkan para atlet atletiknya sebanyak-banyaknya ke even di luar negeri, demi bisa mengumpulkan poin,” ujar Pageh.

Maria sendiri juga tak boleh lengah, karena jika dalam posisi atas tiba-tiba lengah maka bisa terlempar ke posisi ke bawah. “Kejuaraan di Qatar targetnya belum kami pancang karena persaingan cukup berat, terutama menghadapi rival seperti dari Cina, Jepang maupun India. Terpenting saat ini Maria harus dalam kondisi percaya diri yang bagus,” kata Pageh.

Maria juga harus melupakan permasalahan di Asian Games lalu dimana Maria gagal meraih medali karena kurang beruntung saja.(yaw)

BACA JUGA:  Kejuaraan Bina Raga Bupati Gianyar Cup Diharapkan Menjadi Event Tahunan