Gandeng BNNK, Kodim/1616 Gianyar Lakukan Tes Urine Personelnya

Kodim 1616/Gianyar gandeng BNNK Gianyar tes urine personel Kodim Gianyar (foto : ist)
Beritabalionline.com – Puluhan prajurit dan Pegawai Negeri Sipil Kodim 1616/Gianyar dites urine. Kegiatan yang diawasi langsung oleh Kasdim 1616/Gianyar Mayor Inf Gede Merta Santosa dan Pasi Intel Kodim 1616/Gianyar Lettu Inf Cok Agung Semadi ini menggandeng BNNK Gianyar.
“Tes urine dilakukan guna mengantisipasi keterlibatan anggota dalam penggunaan narkoba di lingkungan TNI,” jelas Kasdim 1616/Gianyar Mayor Inf Gede Merta Santosa, Senin (11/2/2019) di Makodim Gianyar.
Kasdim menerangkan, upaya bebas dari pengaruh narkoba terus digalakan oleh institusi TNI melalui program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dengan melakukan tes urine secara rutin bagi anggotanya.
Ia juga menekankan kepada anggota Kodim khususnya para Babinsa sebagai ujung tombak satuan teritorial agar tidak terpengaruh oleh hal-hal yang sifatnya tidak baik seperti terlibat penyalahgunaan maupun peredaran narkoba.
“Untuk meyakinkan saat ini perlu kita cek apakah ada yang terlibat mengkonsumsi narkoba atau tidak, yang hasilnya dapat diketahui dari tes urine itu sendiri. Mari kita bersama-sama menyatakan perang terhadap narkoba karena kita sebagai aparat keamanan harus memberi contoh bagi masyarakat di lingkungan kita. Tentunya harapan lebih luasnya yaitu bangsa kita dapat terbebas dari penyalahgunaan narkoba,” ucap Kasdim.
Di tempat yang sama, Kepala BNNK Gianyar AKBP Sang Gede Sukawiyasa mengajak seluruh prajurit dan PNS Kodim 1616/Gianyar untuk bekerja sama dengan BNNK Gianyar dalam memerangi narkoba. Saat ini lanjutnya BNNK Gianyar membentuk relawan-relawan baik itu dari masyarakat maupun instansi pemerintah.
“Untuk pencapaian kedepannya seluruh Desa Pakraman atau Desa Adat agar membuat pararem atau aturan di wilayah adatnya tentang pelarangan bagi warga masyarakat atau kramanya untuk terlibat dalam masalah narkoba. Harapan kita dengan sinergitas yang solid Kabupaten Gianyar dapat terbebas dari narkoba,” ucap Kepala BNNK Gianyar.
Sementara dari hasil tes urine, BNNK Gianyar tidak menemukan adanya prajurit Kodim 1616/Gianyar terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. (agw)
BACA JUGA:  Bocah Berusia 5 Tahun Tewas Setelah Jatuh dari Dalam Sumur Sedalam 15 Meter