Hujan Deras Akibatkan Tanah Longsor di Tabanan dan Karangasem

Petugas gabungan membersihkan lokasi tanah longsor di Tabanan. (foto : ist)
Beritabalionline.com – Tanah longsor menutupi seluruh badan jalan di Banjar Dinas Batu Sesa, Desa Menanga, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangsem, Bali. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang diakibatkan hujan deras tersebut.
“Tanah longsor terjadi tadi siang. Kita peroleh informasi dari masyarakat sekitar pukul 13.45 wita,” kata Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali I Made Rentin dalam siaran pers, di Denpasar, Sabtu (9/2/2019).
Team Reaksi Cepat (TRC) BPBD bersama petugas gabungan langsung bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan assessment dan penanganan dengan alat berat (louder) milik PUPR Provinsi serta alat manual untuk mengangkat sisa-sisa material longsoran.
Usai membersihkan gundukan tanah, Damkar Karangasem lalu menyemprot sisa-sisa lumpur serta material longsoran yang licin dan bisa membahayakan pengguna jalan. Satu jam kemudian, akses jalan kembali normal dan bisa dilalui.
Cuaca ekstrem berupa hujan deras juga melanda Kabupaten Tabanan. Peristiwa tersebut mengakibatkan jalur utama Tabanan – Singaraja tepatnya di wilayah Banjar Sanda, Desa Sanda, Kecamatan Pupuan, Tabanan tidak bisa dilewati lantaran tertutup tanah longsor sepanjang 35 meter.
“Tanah longsor berlangsung tadi pagi sekitar pukul 06.00 wita saat hujan deras berlangsung. Tidak ada korban jiwa. Tim gabungan langsung melakukan pembersihan dan tadi siang akses jalan Tabanan-Singaraja sudah bisa dilalui normal,” kata Kapolres Tabanan AKBP Sinar Subawa saat dikonfirmasi. (agw)