Gubernur Koster Ajak BPS dan Akademisi Bersinergi Lakukan Sensus Khusus di Bali

Gubernur Bali Wayan Koster. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Gubernur Bali Wayan Koster  mengajak Badan Pusat Statistik (BPS) bersinergi dengan pemerintah daerah dan akademisi untuk melakukan sensus khusus di Bali agar data yang diperoleh bisa lebih akurat.

Hal itu disampaikan gubernur karena pihaknya menginginkan dukungan data yang solid dan akurat sebagai dasar untuk mendukung program pembangunan semesta berencana di Pulau Dewata.

“Data yang aktual dan ‘up to date’ sangat penting untuk merumuskan program-program prioritas pembangunan ke depan,” kata Koster saat menerima audiensi jajaran Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, di Denpasar, Senin (4/2/2019).

Menurut dia, Bali memiliki sektor-sektor yang menjadi prioritas dalam menyukseskan pembangunan terencana yang mungkin berbeda prioritasnya dengan nasional.

“Bicara prioritas tentu ada yang berbeda dengan nasional karena di daerah punya prioritasnya sendiri. Untuk itu data-data yang diperlukan juga khusus sebagai dasar untuk mengambil kebijakan,” ujar Koster.

Pria yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Bali ini mengatakan dengan dukungan data solid berbagai sektor di Bali dari hulu sampai hilir akan jadi indikator penentu kesuksesan pembangunan.

Gubernur menyebut program untuk sektor pendidikan yakni masa belajar wajib 12 tahun akan lebih mudah dicapai dengan dukungan data yang akurat mengenai daerah-daerah yang membutuhkan sekolah.

“Dengan data yang ada, kami tahu pasti dimana perlu dibangun sekolah, kami anggarkan, langsung dieksekusi sehingga wajib belajar duabelas tahun bisa lebih cepat tercapai di Bali,” demikian Koster. (tra)

BACA JUGA:  Para Kabag Setda Kota Denpasar Serahkan Bantuan Masker dan 'Face Shield'