Bupati Jembrana Minta ASN Jadi Motor Penggerak Cegah Penyakit Menular

Bupati Artha saat bertindak sebagai Inspektur pada apel rutin yang digelar di Lapangan Taman Pecangakan Depan Kantor Bupati Jembrana.(foto: ist).

Beritabalionline.com – Bupati Artha meminta ASN di lingkungan Pemkab Jembrana untuk menjadi motor pengerak dalam mencegah penyakit menular sebagai upaya untuk meningkatkan upaya pencegahan penyakit tersebut.
Hal ini juga sebagai upaya Kesehatan Promotif dan Preventif yang tetap harus lebih diutamakan untuk mencegah kasus penyakit baik yang menular ataupun yang tidak menular. Untuk itu meningkatkan upaya pencegahan penyakit menular. Kendati juga di awal tahun 2019, Pemkab Jembrana meluncurkan kebijakan Universal Health Coverage yang mendaftarkan masyarakat Jembrana sebagai Peserta JKN kelas tiga yang preminya ditanggung oleh Pemkab Jembrana.

Hal tersebut disampaikan Bupati Artha saat bertindak sebagai Inspektur pada apel rutin yang digelar di Lapangan Taman Pecangakan Depan Kantor Bupati Jembrana, Senin (4/2/2019). Bertindak sebagai Pemimpin Upacara, Kepala Bagian Organisasi I Ketut Santiyasa. Turut hadir Sekda I Made Sudiada, Asisten – Asisten Setda, Kepala – Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Jembrana dan staff Pemkab Jembrana.

Lebih lanjut Artha menghimbau agar para ASN memotori gerakan serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk. “Kegiatan serentak pemberantasan sarang nyamuk untuk mencegah berbagai penyakit menular berbagis lingkungan seperti Demam Berdarah di beberapa wilayah di Indonesia,” ujar Artha dihadapan ASN Pemkab Jembrana.

Selain itu Artha menghimbau bahwa upaya juga harus dilakukan untuk mencegah penularan dan penyebaran HIV dan AIDS melalui peningkatan ketahanan keluarga yang meliputi empat dimensi yaitu keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berbagi, dan keluarga berdaya.

“Saya mengajak seluruh ASN menjadi motivator dan akselerator dalam pembangunan kesehatan di Kabupaten Jembrana melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dengan Perilaku Hidup yang sehat. Jadikanlah makanan sebagai obat, sebab bila tidak demikian maka obat akan menjadi makanan kita sehari – hari,” kata Artha. (rls)

BACA JUGA:  Pengemudi Rem Mendadak, Kaca Depan Truk Pecah Tertimpa Material Bangunan