Cuaca Ekstrem, Warga yang Bermukim di Daerah Rawan Longsor Diminta Waspada

Salah satu rumah warga di Buleleng tertimbun tanah longsor akibat guyuran hujan deras. (foto : ist)
Beritabalionline.com – Hujan deras disertai angin kencang diperkirakan berlangsung di sebagian wilayah Indonesia termasuk Bali. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut cuaca ekstrem akan terjadi selama beberapa hari kedepan.
“Usahakan kurangi keluar rumah jika tidak ada hal atau urusan mendesak,” kata Sekretaris BPBD Provinsi Bali I Made Rentin, Sabtu (2/2/2019) di Denpasar.
Masyarakat diminta untuk tetap waspada dan siaga menghadapi kondisi tersebut. Apalagi saat ini masih disinyalir banyak warga yang bermukim di daerah rawan longsor seperti tepi sungai atau di pinggir tebing yang curam.
“Terhadap warga yang masih bermukim di daerah rawan bencana kami imbau, apabila terjadi hujan lebat dengan waktu lama sebaiknya bergegas meninggalkan rumah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Made Rentin.
Di sisi lain, BPBD juga berharap kerja sama dan sinergi media massa. Semua informasi (update) agar sedini mungkin bisa diberitakan sehingga masyarakat luas mengetahui dan sehingga dapat meningkatkan kewaspadaan.
Selain itu sebutnya akan lebih efektif jika informasi kesiapsiagaan menghadapi cuaca ekstrem ini juga diteruskan oleh warga masyarakat yang tergabung di ORARI dan RAPI serta radio-radio lokal.
Hal ini dikarenakan jangkauan dan faktor geografi sering menjadi kendala, bahkan di beberapa daerah hanya bisa menjangkau siaran radio saja. (agw)
BACA JUGA:  Marak Penyebaran Informasi Hoaks Jelang Pemilu, Kapolda Bali Ingatkan Kaum Milenial Agar Waspada