Cuaca Ekstrem, BMKG Prediksi Sebagian Wilayah Bali Diguyur Hujan Deras

Cuaca ekstrem belakangan ini menyebabkan sering terjadi hujan deras disertai angin kencang. (foto : ist)
Beritabalionline.com – Beberapa hari kedepan kondisi atmosfer di sebagian wilayah Indonesia termasuk Bali menunjukkan fenomena atmosfer signifikan (cuaca ekstrem) yang diperkirakan berdampak dengan meningkatnya curah hujan.
“BMKG memperkirakan potensi hujan dalam jangka seminggu kedepan masih akan cukup tinggi,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Drs. R. Mulyono R. Prabowo dalam siaran pers yang diterima Beritabalionline.com, Sabtu (2/2/2019).
Mulyono menerangkan, frekuensi hujan berintensitas sedang hingga lebat akan lebih sering terjadi terutama pada malam/ dini hari hingga pagi hari. Tidak menutup kemungkinan beberapa wilayah juga akan berpotensi diguyur hujan sepanjang hari.
Lanjutnya, terdapat sebuah bibit siklon tropis di teluk carpentaria dan sirkulasi siklonik di Kalimantan Barat. Bibit Siklon tropis ini akan memberikan dampak berupa pola angin baratan yang kuat dan memicu pertemuan angin yang memanjang.
Dimulai dari wilayah Perairan Kalimantan, Laut Jawa, Selat Makassar, hingga NTB serta belokan angin di sekitar ekuator Indonesia dan memicu berkumpulnya massa udara basah yang menyebabkan terbentuknya awan hujan di wilayah Indonesia.
“Dengan adanya aktivitas gelombang atmosfer khususnya equatorial rosby di sebagian wilayah Indonesia bagian timur dapat menambah pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut,” jelas Mulyono.
Masyarakat diimbau agar tetap mewaspadai potensi genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat terutama di daerah rawan banjir dan longsor.
“Waspada terhadap kemungkinan hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang atau roboh. Jangan berlindung di bawah pohon jika hujan disertai kilat/petir. Agar diperhatikan juga risiko gelombang tinggi terhadap keselamatan pelayaran dan aktivitas dipesisir,” papar Mulyono. (agw)
BACA JUGA:  Bupati Giri Prasta Ingatkan ASN Selalu Kompak dan Fokus Melaksanakan Tugas