Tahun 2017 dan 2018 Kasus Rabies di Bali “Zero”

Wayan Mardiana (tiga dari kanan) dan pejabat instansi terkait saat beraudiensi dengan Wali Kota Denpasar. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Sepanjang tahun 2017 dan 2018 Kota Denpasar terbebas dari kasus rabies (zero kasus). Hal tersebut dikarenakan program vaksinasi yang dilaksanakan Dinas Pertanian setempat berjalan maksimal dan efektif.

Dalam upaya mengendalikan populasi hewan liar terutama anjing dan kucing, serta dalam upaya menekan penularan penyakit rabies, Pemkot Denpasar melalui Dinas Pertanian (Distan) setempat bersinergi dengan Yayasan BAWA (Bali Animal Welfare Association) menggelar vaksinasi, sterilisasi dan kontrol populasi di seluruh kecamatan Kota Denpasar.

Seekor anjing divaksin rabies.

Hal ini dilakukan melalui program vaksinasi terhadap Hewan Pembawa Rabies (HPR) yang menyasar empat kecamatan dengan metode jemput bola, gratis dan strategi upaya kekebalan di perbatasan. Disamping juga mengoptimalkan tim respon cepat serta koordinasi BPBD Kota Denpasar.

“Saya kira apa yang dilakukan Pemerintah Kota Denpasar sudah sangat baik, langkah dan upayanya sudah tepat, semoga kedepan bisa dipertahankan,” harap Plt. Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali, Wayan Mardiana.

Sementara itu Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan akan terus bersinergi dengan instansi dan pihak terkait dalam upaya mecegah kasus rabies di Kota Denpasar. (tra)

BACA JUGA:  Pemkab Bangli Restocking 230 Ribu Benih Ikan untuk Kembalikan Ekosistem Danau Batur