332 Atlet Ambil Bagian Kejuaraan Ice Skating Open 2019

ilustrasi atlet ice skating.

Beritabalionline.com – Kejuaraan ice skating bertajuk Indonesia Ice Skating Open (IISO) 2019 yang berlangsung mulai 31 Januari hingga 2 Februari,  di BX Rink Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, disambut antusias.

Total ada 332 atlet dari dalam dan luar negeri yang ambil bagian. Mayoritas dari Indonesia diikuti Malaysia dan Thailand dengan total delapan ice rink. Itu meliputi BX Rink Bintaro, Sky Rink Jakarta, Oasis Centre Arena, Gardenice Rink Bandung, Blue Ice Skating Rink Malaysia, Sub Zero Ice Skate Club Thailand, The Rink Ice Arena Thailand, dan The Rink Zpell @Future Park Thailand.

IISO 2019 mempertandingkan tiga cabang olahraga yaitu figure skating, ice hockey dan short track speed skating. Total ada 1000 medali emas yang diperebutkan di 1000 kategori yang dipertandingkan.

Ketua Penyelenggara IISO 2019 selaku Manajer BX Rink, Wiwin Darmawan mengaku senang dengan tingginya minat atlet untuk mengikuti event yang telah memasuki tahun ke enam ini.

“IISO 2019 adalah kejuaraan ice skating yang sifatnya rekreasi. Antuasiasme peserta luar biasa. Dari tahun ke tahun jumlah peserta terus meningkat. Dan yang paling membanggakan kualitas skill para altet kita juga meningkat pesat. Berbeda dengan dulu, sekarang persaingan sangat ketat. Ini memudahkan kami untuk mendapatkan atlet-atlet muda berbakat untuk menghadapi kejuaraan internasional,” kata Wiwin yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jendral Federasi Hoki Es Indonesia (FHEI), Jumat (1/2/2019)

“Karena ini sifatnya rekreasi. Kita tidak membatasi jumlah kategori yang ingin diikuti atlet. Sehingga mereka bisa memanfaatkan keikutsertaannya di IISO 2019 secara maksimal jelang berlaga di ajang yang kompetitif di kejuaraan nasional di Rink AEON Cakung Jakarta  pada April mendatang,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Dispora Target Atlet Bali Tembus 10 Besar POPNAS

Wiwin mengaku optimis perkembangan olahraga ice skating di Indonesia akan semakin pesat.

Pernyataan senada diungkapkan atlet ice skating nasional, Nadira Alivia. Dia mengaku puas mengikuti IISO 2019. Dara 15 tahun ini meraih emas pada kategori couple freestyle.

“Aku sudah tiga kali ikut IISO. Senang sih, bisa berpartisipasi pada kejuaraan seperti ini. Apalagi, IISO 2019 ini kan jadi persiapan untuk SEA Games 2019 di Filipina,” ujar Nadira.(yza)