Susi Dimarahi Sri Mulyani karena Pajak Perikanan Kecil

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kanan) dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Beritabalionline.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku pernah dimarahi oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Hal itu lantaran pajak perikanan yang didapat selalu kecil.

Susi menjelaskan saat ini kapal dengan ukuran besar di Indonesia telah berjumlah sekitar 7.000. Angka itu bertambah hampir sebanyak 3.000 kapal.

Namun sayang, catatan penambahan kapal baru tak berbanding lurus dengan penerimaan pajak. Sebab, masih banyak pengusaha kapal yang tak melaporkan jujur hasil tangkapannya. Alhasil, hal itu membuat Sri Mulyani marah.

“Bu Menkeu marah sama saya, kenapa pajak perikanan kok masih kecil? Saya bilang, Ibu (Sri Mulyani) harus bicara sama mereka (pengusaha kapal) ya datanya di mana? Ya datanya tidak ada,” kata Susi di Forum Bisnis Perikanan Tangkap, KKP, Jakarta, Kamis (31/1/2019).

Lebih lanjut, ia pun meminta agar pengusaha mau bekerja sama dalam melaporkan hasil tangkapan. Sebab, pajak yang diterima sangat diperlukan untuk pembangunan negara.

“Kan Bu Menkeu juga ngambek sama saya. Jadi kita mesti kerja sama-sama pemerintah untuk melakukan pengaman karena itu juga perlu dari anggaran,” terang dia.

Sebagai informasi, saat ini masih banyak pengusaha kapal ikan tangkap yang tak melaporkan jujur hasil tangkapannya. Hal itu pun berakibat pada lamanya proses penerbitan izin yang mereka terima.(net)

BACA JUGA:  Koperasi di Klungkung Bakal Digelontor Bantuan