Puluhan Pejabat Karangasem Diuji Kompetensi

Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri di sela-sela pembukaan, mengatakan, uji kompetensi merupakan implementasi manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN).(foto:ist).

Beritabalionline.com – Puluhan pejabat Eselon II di Lingkungan Pemkab Karangasem melakukan tes uji kompetensi di Wantilan Kantor Bupati, Kamis (31/1/2019) . Uji Kompetensi yang dibuka Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri itu bertujuan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, potensi, dan kualitas para pimpinan tinggi pratama tersebut.

Bupati Mas Sumatri di sela-sela pembukaan, mengatakan, uji kompetensi merupakan implementasi manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berbasis merit sistem dengan isi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN yang menjadi bagian dari Reformasi Birokrasi.

“Uji kompetensi memiliki nilai strategis dalam meningkatkan pengetahuan masing-masing ASN, dan jabatan pimpinan tinggi. Ajang ini merupakan talent pool dalam meningkatkan pengetahuan para pimpinan, untuk pendayagunaan jabatan pimpinan tinggi dengan sistem rotasi dan seleksi terbuka,” ucapnya.

Dihadapan para pejabat eselon II itu, Bupati mengimbau, agar para pimpinan selalu melaksanakan tugas dengan ikhlas tanpa pamrih, selalu membantu sesama hingga masa purna tugas dengan efektif dan efisien. “Muara dari semua ini adalah terwujudnya pemerintahan yang cerdas, bersih dan bermartabat berlandaskan Tri Hita Karana,” terang Bupati.

Sebelumnya, Sekda Karangasem I Gde Adnya Mulyadi selaku Ketua Penyelenggara uji kompetensi, mengatakan, uji kompetensi pimpinan tinggi pratama di Lingkungan Pemkab Karangasem sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, serta Peraturan Menpan-RB Nomor 13 tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka di Lingkungan Instansi Pemerintah.

“Uji kompetensi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan potensi yang dimiliki para pimpinan tinggi pratama yang mencakup kode etik, perilaku, komitmen, integritas moral, dan pelayanan publik,” terang Adnya Mulyadi. (wat)

BACA JUGA:  Antisipasi Hujan Abu Gunung Agung, Masyarakat Diimbau Gunakan Masker