GOR Kebo Iwa Mulai Dibagun Ruang Terbuka Hijau

Warga beraktifitas di kawasan For Keba Iwa.(foto:ist).

Beritabalionline.com – Pemerintah Kabupaten Gianyar bersama BPJS Ketenagakerjaan sudah pengerjaan menyulap GOR Kebo Iwa Gianyar menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH). Hal ini tertuang dalam kesepakatan antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Pemkab Gianyar dengan surat nomor PER/27/022018.

Hanya dengan adanya proyek tersebut, warga yang beraktifitas sehari-hari untuk berolahraga, mempertanyakan pengumuman yang terpasang di areal GOR Kebo Iwa. Mengingat pengumuman tersebut tercantum agar warga yang menggunakan fasilitas tersebut agar mencari alternative lain untuk berolahraga.

Sedangkan di dalam GOR Kebo Iwa tersebut terdapat fasilitas olahraga Basket, Bola Volley, Panjat Tebing dan Tenis Lapangan. Proyek tersebut lebih kuran senilai Rp 5 miliar dari BPJS Ketenagakerjaan.

Kamis (31/1/2019) , sejumlah buruh proyek sudah mulai bekerja dengan melakukan pembongkaran beton dan saluran air.

Warga yang melakukan aktivitas olahraga rutin di sport centre ini terkejut setelah membaca pengumuman yang terpasang di sisi timur. Dalam pengumunan, warga yang menggunakan fasilitas tersebut diminta untuk mencari alternative lain.

Hanya bagi warga yang memanfaatkan fasilitas seperti Basket, Tenis Lapangan atau Panjat Tebing akan terganggu dan porsi latihannya akan berkurang setidaknya selama lima bulan.

“Kita disuruh mencari alternative lain, lalu kemana? Sedangkan fasilitas lain tempat tidak ada,” jelas warga yang tidak mau disebut namanya. Dijelaskannya, semestinya bila GOR Kebo Iwa dilakukan penataan, semestinya disiapkan tempat olahraga altenatif, sehingga tidak menghambat program latihan.

Sekda Gianyar, Made Gede Wisnu Wijaya justru merasa terkejut dengan adanya larangan untuk masyarakat dalam memanfaatkan fasilitas olahraga di Gor Kebo Iwa. “Masak ada pengumuman seperti itu,” ujarnya. Padahal pengumuman di baliho yang terpasang itu ditandatangani Sekda Gianyar sendiri.

Hanya Sekda Wisnu Wijaya mengimbau masyarakat agar tetap menggunakan fasilitas olahraga di sana. “Namun sebisa mungkin, harus menghindari lokasi pengerjaan proyek untuk mengindari hal yang tak diinginkan,” jelasnya. Dikatakannya, warga masih bias berolahraga di sana, hanya dibeberapa titik yang sedang dalam penataan, tentu tidak bias dilakukan aktifitas olahraga. “Ini kan sementara, jangan lewat di tempat penataan ini, agar tak terjadi hal yang tak diinginkan,” tutupnya.

BACA JUGA:  Pelayanan Publik di Badung Tetap Buka saat Cuti Bersama

Sebelumnya, Dirut BPJS Ketenagakerjaan menjelaskan landmark atau penataan RTH BPJS Ketenagakerjaan yang akan dibangun adalah proyek pertama di Indonesia. Pada lokasi tersebut akan dibangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak sebagai sarana rekreasi dan ruang sosialisasi dan edukasi BPJS Ketenagakerjaan. Luas GOR Kebo Iwa sekitar 27.000 m2 akan dimanfaatkan sekitar 13.000 m2 untuk proyek tersebut.(yes)