Wakil Gubernur “Ngayah” Menari Topeng Sidakarya di Pura Er Jeruk, Sukawati

Wakil Gubernur Bali Cok Ace saat menari Topeng Sidakarya di Pura Er Jeruk, Sukawati, Gianyar. (foto : Ant)

Beritabalionline.com – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) berkesempatan menari Topeng Sidakarya pada rangkaian prosesi puncak ritual “Padudusan Agung dan Segara Kertih” di Pura Er Jeruk, Desa Sukawati, Kabupaten Gianyar.

“Ini merupakan bentuk apresiasi terhadap kesenian dan warisan leluhur. Selain sebagai bentuk upaya kita dalam melestarikannya,” kata Wagub Bali yang akrab dipanggil Cok Ace setelah menari Topeng Sidakarya tersebut, di Gianyar, Rabu (30/1/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Cok Ace terlihat khusyuk menjalani setiap proses tarian topeng Sidakarya karena berbagai kesenian Bali, khususnya untuk tari-tari sakral sebenarnya sudah ditekuni sejak lama. Bahkan, mantan Bupati Gianyar itu juga kerap membawakan tari Calonarang di sejumlah pura di Pulau Dewata, terutama berperan sebagai Durga.

Kedepan, ia mengakui akan tetap berusaha “ngayah” menari di berbagai pura di Bali. “Jika ada kesempatan, tentu saja akan terus melaksanakan swadharmaning (kewajiban) ini,” ujarnya.

Dengan menari, lanjut Cok Ace, selain sebagai bentuk bakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan), sekaligus upaya melestarikan warisan leluhur.

Tari Topeng Sidakarya sendiri merupakan salah satu tari Bali yang ditarikan untuk pelengkap ritual keagamaan sehingga tari tersebut masuk dalam kategori tari wali. Tari Topeng Sidakarnya biasanya menjadi lambang bahwa ritual yang diselenggarakan umat Hindu di Bali sudah berjalan dengan baik. (agw)

BACA JUGA:  Perkuliahan di Universitas Dwijendra Denpasar Kembali Normal