Pemkot Dorong Pengembangan Rumah Pintar Jadi “Innovation Center”

Wali Kota IB Rai Mantra dorong pengembangan Rumah Pintar. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Keberadaan Rumah Pintar sebagai wadah kreatifitas anak muda di Kota Denpasar saat ini mampu mendukung berbagai kreatifitas kaula muda. Kendati demikian, pengembangan terus dilakukan sehingga mampu memberikan dukungan yang lebih luas, seperti halnya menjadikan Rumah Pintar Denpasar sebagai  innovation center (pusat inovasi).

Dengan menjadi Innovation Center maka semua inovasi anak muda yang ada di Kota Denpasar bisa ditampilkan di Rumah Pintar. Hal tersebut disampaikan Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra, di Denpasar, Rabu (30/1/2019).

Menurut Rai Mantra, di Rumah Pintar semua kegiatan dan inovasi komunitas Kota Denpasar bisa ditampilkan. Selain itu, Rumah Pintar akan menjadi wadah atau tempat berkumpulnya para peneliti remaja.

“Dengan fasilitas tersebut, para peneliti remaja akan lebih muda  berkumpul dengan komunitasnya sehingga muda untuk berdiskusi tentang penelitian maupun yang lainnya,” kata dia.

Dengan demikian, imbuh Rai Mantra, Rumah Pintar secara tidak langsung akan meningkatkan inovasi-inovasi anak muda Kota Denpasar yang lebih kreatif. ‘’Dengan cara ini, saya yakin inovasi dan kreatifitas anak semakin banyak dan bermanfaat  baik untuk dirinya maupun Kota Denpasar,’’ tandasnya.

Sementara Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Denpasar Wayan Gunawan mengatakan, untuk menjadikan Rumah Pintar sebagai tempat inovasi pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kota Denpasar khususnya Dinas Pariwisata Kota Denpasar serta para komunitas yang ada di Kota Denpasar.

Menurutnya, menjadikan Rumah Pintar sebagai pusat inovovasi merupakan langkah yang sangat bagus, mengingat anak muda di Denpasar banyak yang memiliki bakat untuk melakukan penelitian.  “Supaya program ini berjalan dengan baik pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan para komunitas yang ada di Denpasar. Sehingga apa yang diharapkan bisa berjalan,” harapnya.

BACA JUGA:  Perkuliahan di Universitas Dwijendra Denpasar Kembali Normal

Salah satu Komunitas Mas Brow Hendika Permana memberikan saran agar Pemerintah Kota Denpasar dalam satu tahun itu menunjuk enam komunitas yang ada di Kota Denpasar. Dari enam komunitas tersebut secara bergilir, yakni setiap dua bulan bertugas mengurus dan mengisi kegiatan di Rumah Pintar. Dengan cara ini, Rumah Pintar akan bangkit dan sangat bermanfaat bagi masyarakat. (tra)