Kalapas Bangli Dampingi Keluarga Susrama Temui Istri Prabangsa, Sutrisno: Saya Tak Pernah Memberi Perintah

Pertemuan Kakanwilkumham Bali, Sutrisno dengan Solidaritas Jurnalis Bali (foto : Agung W/Beritabalionlie.com)
Beritabalionline.com – Puluhan awak media yang tergabung dalam Solidaritas Jurnalis Bali (SJB) kembali mendatangi Kantor Kanwilkumham Bali untuk bertemu dengan Kepala Kanwilkumham Bali, Sutrisno. Kedatangan mereka hendak meminta salinan dokumen terkait pertimbangan usulan nama Susrama yang akan dikirim ke Jakarta.
“Kami juga ingin diskusi bersama. Yang kami inginkan Kakanwil mengirim surat koreksi dan mencabut nama Susrama dari surat usulan pemberian remisi atas nama Kanwilkumham Bali,” kata Nandang Astika, Ketua AJI Denpasar sebelum bertemu Kakanwilkumham, Senin (28/1/2019) di Denpasar.
Dalam pertemuan itu, Sutrisno mengatakan jika surat pernyataan berupa petisi yang diajukan oleh para jurnalis tetang usul pencabutan remisi terhadap narapidana atas nama I Nyoman Susrama rencananya dibawa sendiri ke Jakarta untuk disampaikan kepada Menteri Hukum dan Ham RI, Yasonna H. Laoly.
“Besok siang saya berangkat ke Jakarta membawa surat dari teman-teman. Jika memungkinkan, selain menghadap Pak Menteri saya juga menemui Dirjen Pemasyarakatan. Saya akan sampaikan kondisi di Bali dan tuntutan dari teman-teman wartawan di Bali,” kata Sutrisno.
Di tempat yang sama juga ditanyakan maksud kedatangan Kalapas Bangli bersama keluarga Susrama ke rumah istri almarhum Anak Agung Bagus Narendra Prabangsa, beberapa hari pasca SJB menggelar aksi damai. Lantaran isu yang berkembang, Kemenkumham sengaja mengantar pihak keluarga Susrama untuk melobi istri dan keluarga almarhum terkait remisi terhadap Susrama.
Mendengar itu, Sutrisno membantah jika dirinya selaku Kepala Kanwil Kumham Bali memerintahkan Kalapas Bangli agar membantu keluarga Susrama melobi istri almarhum Prabangsa. Bahkan ia mengaku baru mengetahui kabar tersebut dari awak media.
“Tidak ada saya memerintahkan dan apa untungnya bagi saya melakukan itu. Namun sekali lagi saya tegaskan, saya bersedia membawa surat tersebut ke Jakarta. Kalau memungkinkan sebelum berangkat, saya ingin teman-teman membantu mempertemukan saya dengan istri almarhum agar bisa saling mengenal,” ucap Sutrisno. (agw)
BACA JUGA:  Gubernur Koster Harapkan Hadirnya Sepeda Listrik Wujudkan Bali Bebas Polusi