Bunga Gumitir Dipilih Jadi Maskot Bangli

Bunga gumitir.

Beritabalionline.com – Pemerintah Kabupaten Bangli  menetapkan bunga gumitir sebagai maskotnya Kabupaten Bangli.

Hal tersebut dibuktikan Bupati Bangli I Made Gianyar segera bakal menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) tentang bunga gumitir sebagai maskot Kabupaten Bangli. Selain bakal membuat Perda, Pemkab Bangli juga telah menciptakan tarian maskot berupa “Sekar Gumitir”.

Uji coba pementasan tarian “Sekar Gumitir” mulai dilakukan di Wantilan Desa Wisata Penglipuran, Senin (28/1/2019). Pementasan tarian ini dihadiri Bupati Bangli I Made Gianyar serta sejumlah pimpinan OPD lainnya.

Bupati Made Gianyar pada kesempatan itu menjelaskan, setelah sebelumnya gagal menjadikan Bunga Pucuk Bang dan Sandat sebagai maskot Kabupaten Bangli, karena kalah cepat dari kabupaten lainnya (Bunga Pucuk Bang dipakai Kabupaten Gianyar, Bunga Sandat dipakai Kabupaten Tabanan), kini Bupati Made Gianyar tidak mau kecolongan lagi.

Setelah menyaksikan langsung uji coba Tari Sekar Gumitir dan berdiskusi dengan beberapa budayawan, ia mengaku tidak ragu menjadikan bunga gumitir sebagai maskot Kabupaten Bangli.

Kata dia, selain memiliki warna yang indah, gumitir juga memiliki makna yang mendalam. Selain melambangkan kesederhanaan, gumitir juga memiliki banyak manfaat, tahan lama, tidak mahal dan yang tidak kalah penting, gumitir sangat cocok hidup di daerah sejuk seperti Kabupaten Bangli.

Menurutnya, selain memiliki fungsi ekonomi, agama dan seni, Gumitir juga mempunyai nilai religius, kemuliaan, keindahan dan kemasyarakatan. Dengan memilih Bunga Gumitir sebagai maskot, ia berharap segala sesuatu yang baik dan berguna tidak sulit didapatkan di Kabupaten Bangli.

Ditambahkan, bunga gumitir saat ini cukup trend dan hampir dikembangkan diseluruh wilayah di Bali. Karena memiliki nilai ekonomis dan multi fungsi.(dus)

 

BACA JUGA:  Wagub Cok Ace Buka 4TH Asian Vovinam Championship 2018, Diikuti 167 Partisipan dari 16 Negara