Ketua PKK Se- Gianyar Ikuti Pelatihan Karakter

Bupati Gianyar I Made Mahayastra.(foto:yesiariska).

Beritabalionline.com – 120 pengurus PKK yang berasal dari ketua tim penggerak ( TP) PKK kecamatan, desa- kelurahan se- Gianyar mengikuti pelatihan karakter di Rumah Luwih Beach Resort Gianyar, Sabtu (26/1/2019).

Pelatihan yang diagendakan berlangsung dua hari itu menghadirkan Sri Sumahardani dari Sri Sumarhadani Academy dan I.A Maharatni dari Yayasan Sukinah Bawantu Denpasar sebagai narasumber.
Ketua TP PKK Gianyar Ida Ayu Surya Mahayastra menyebutkan, pendidikan karakter menjadi suatu keharusan, karena tidak hanya menjadikan kita cerdas tapi juga menumbuhkan rasa percaya diri, mempunyai budi pekerti dan sopan santun hingga keberadaan TP.PKK bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Diawali dengan outbound yang dilaksanakan Kamis di Taman Prakerthi Bhuana di Desa Beng. Dalam pelaksanaan outbound itu menurut Ny. Adnyani Mahayastra pembekalan yang diberikan lebih pada peningkatan rasa percaya diri, kerjasama dalam sebuah team work. Selain juga dimanfaatkan sebagai ajang silahturahmi.

Seperti diketahui, tidak sedikit dari ketua TP.PKK desa/Kelurahan ada yang baru artinya mereka belum mengenal satu dengan lainnya. Lewat kegiatan ini diharapkan mereka bisa sharing program maupun pengalaman.

Sedangkan hari kedua pelatian karakter ini lebih pada teori teori agar mereka lebih memahami pendidikan karakter. Menjadi seorang pemimpin harus memiliki karakter ya baik, mampu bekerjasama dalam sebuah team work, karena seorang pemimpin tidak akan mampu berkerja sendiri tanpa dukungan dari anggota lainnya.

“Inilah tujuan kami untuk memberikan pembekalan, mudah mudahan dengan pembekalan ini kerjasama di lintas sectoral bisa berjalan dengan baik dan anggota PKK di bawahnya juga berjalan dengan lancar,”tegas Ny. Adnyani Mahayastra.

Hal senada juga ditegaskan Bupati Gianyar I Made Mahayastra  saat membuka pelatihan karakter, seorang pemimpin harus berkarakter pemberani, bertanggungjawab, tegas dan mampu menjalin kerjasama dengan yang lainnya. Seorang pemimpin tidak akan mampu bekerja sendiri tanpa bantuan orang lain.

BACA JUGA:  Giri Prasta Ajak Pemuda Jauhi Narkoba dan Aktif Kegiatan Seni Budaya

Bupati Mahayastra juga berharap agar peserta dapat mengikuti pelatihan dengan baik, mampu menyerap apa yang diajarkan. Jangan sampai sesusai pelatihan materi yang diberikan mengendap begitu saja. Para ketua TP.PKK dapat menjadikan ajang ini sebagai suaru sharing pengalaman, anggaran ataupun berbagai masalah yang ditemui di daerahnya. Bupati berharap agar tidak terjadi perbedaan dimana hanya salah satu desa saja yang menonjol atau sukses programnya, semuanya harus sama.

“ Kita semua harus kompak, tidak ada desa yang menjadi anak emas semuanya sama. Semua harus berprestasi dalam program demi kesuksesan pembangunan di Kabupaten Gianyar,” tegas Bupati Mahayastra.

Tidak lupa Bupati Mahayastra juga mengingatkan agar seluruh anggota PKK melek teknologi, memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam menjalankan program-program PKK. yes