Sempat Dinyatakan Hilang saat Mendaki Gunung Agung, Wisatawan Rusia Ditemukan Terluka

Wisatawan Rusia ditemukan tim Basarnas setelah dinyatakan hilang saat mendaki Gunung Agung (foto : ist)
Beritabalionline.com – Tim Basarnar Bali mengevakuasi seorang warga negara asing asal Rusia, Aleksandr (28) setelah dinyatakan hilang saat mendaki Gunung Agung. Saat ditemukan, bule yang menginap di Ubud Hotel RD2 ini mengalami cedera di kaki dan pergelangan tangan.
“Korban ditemukan tadi pagi sekitar pukul 10.00 wita di ketinggian 2049 MDPL oleh Tim 1 yang melakukan pencarian,” terang Plt Kepala Kantor Basarnas Bali I Made Junetra saat dikonfirmasi, Jumat (25/1/2019).
Junetra menerangkan, sebelumnya korban bersama tiga WNA lainnya yakni Alvis (27) asal Perancis, Sergey (30) asal Ukraina, dan Jhon (32) asal Ukraina diketahui mendaki Gunung Agung, Kamis (24/1/2019) sekitar pukul 10.00 Wita.
Namun dari empat orang WNA yang mendaki Gunung Agung di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem tersebut, diperoleh informasi bahwa tiga orang WNA turun dengan selamat sedangkan satu WNA belum kembali.
Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Denpasar yang mendapat laporan kemudian menerjunkan tujuh personel Tim Rescue Pos SAR Karangasem melakukan operasi SAR dengan dilengkapi satu unit Rescue Carrier, Palsar Mountaineering dan pendukung lainnya.
Sekitar tujuh jam melakukan pencarian sejak pukul 02.30 Wita, sekitar pukul 10.00 Wita tim pertama berhasil menemukan korban dengan jarak kurang lebih 21 kilometer dari Pos SAR Karangasem.
“Korban sudah dievakuasi dari lereng Agung Agung. Kemungkinan tidak sampai malam hari tim bersama korban tiba di Tunggul Besi,” kata Junetra. (agw)
BACA JUGA:  Akibat Angin Kencang dan Hujan Deras, Tiga Pohon Tumbang di Gianya