Proyek Penyengker di Pura Samuan Tiga Jebol

Proyek senderan sepanjang 100 meter dengan tinggi 4 meter di areal Pura Samuan Tiga jebol.(foto:ist)

Beritabalionline.com – Proyek senderan sepanjang 100 meter dengan tinggi 4 meter  di areal Pura Samuan Tiga Gianyar pada Senin (21/1/2019) malam jebol.Akibatnya matrial senderan berserakan di jalan areal Jaba Pura Samuan Tiga.

Perbekel Desa Bedulu I Ketut Rinata mengungkapkan kejadian ini terjadi pada Senin malam. Pengerjaan ini dilakukan berdasarkan hasil paruman. Dikatakan proyek tersebut menggunakan dana hibah dari Pemprov Bali.

Selanjutnya pengerjaan senderan ini di mulai sejak dua bulan lalu. Beberapa hari sebelum jebol, pengerjaan proyek senderan di lokasi tersebut masih berlangsung. Namun pihaknya tidak tahu siapa yang mengerjakan proyek tersebut, apalagi tidak ada papan proyek dari pengerjaan yang menggunakan anggaran Rp 350 Juta itu.

Panitia Pura, I Wayan Patera menerangkan untuk pembangunan di Pura Samuan Tiga pihaknya memperoleh anggaran hibah bansos dari Pemprov Bali sebesar Rp 850 Juta. Dana itu pun dibagi dalam dua pengerjaan yakni Rp 500 juta untuk pembangunan balai panjang di areal Jaba Tengah Pura Samuan Tiga. ” Selanjutnya Rp 350 Juta digunakan untuk membangun senderan di jaba pura, ” jelasnya.

Selanjutnya pengerjaan proyek senderan senilai Rp 350 Juta itu, memang dikerjakan secara sewa kelola oleh tukang bangunan yang sudah dipercaya. Pengerjaan ini pun sudah dilakukan sejak Nopember lalu, dan ditarget rampung akhir Januari ini. ” Dana itu kita kelola, kita Carikan tukang, secara kualitas sebenarnya sudah memadai, karena saya sendiri yang mengawasi, ” katanya.

Diungkapkan sebelum longsor pada Senin malam, sebagian senderan itu memang mulai terlihat miring ke arah Utara sejak beberapa hari lalu. Senderan yang miring itu lantas didorong dengan alat berat, kemudian ditopang dengan bambu.

Kondisi senderan jebol ini pun sudah disampaikan ke Pemprov Bali, selaku pemberi anggaran sebesar Rp 350 Juta. Selasa siang kemarin petugas Dinas PU Provinsi Bali pun sudah turun mengecek kejadian tersebut. (yes)

BACA JUGA:  Wali Kota Denpasar Sebut Lomba Layang-layang Jadi Wahana Penguatan Kebudayaan Bali