Desainer Muda Indonesia Unjuk Gigi di Harbin Fashion Week

Beritabalionline.com – Moral, label pakaian ready to wear Indonesia di bawah arahan kreatif desainer muda Andandika Surasetja, menampilkan full collection “MORAL/perspektif”. Rangkaian ini disuguhkan untuk koleksi Spring/Summer 2019 dalam ajang pekan mode internasional, Harbin  Fashion Week 2019 di Harbin, China,akhir pekan lalu. Moral menampilkan 20 look koleksi pakaian unisex dalam tersebut.

Harbin Fashion Week merupakan sebuah platform fashion yang tergabung dalam organisasi resmi pekan mode dunia -bersama fashion capital lain seperti Paris, Milan, London, serta New York. Andandika yang berbasis di Jakarta membawa koleksi terbaru dari Moral untuk bersanding bersama puluhan desainer internasional.

Ada yang berasal dari China, Jepang, Singapore, Malaysia, Thailand, Vietnam, India hingga negara-negara Eropa seperti Jerman, Switzerland, dan Denmark. Kepada Kompas.com, Moral menyebut koleksi tersebut mengedepankan eksplorasi tekstil dengan teknik print pada katun organik. Motifnya diangkat dari sebuah proyek kolaborasi bersama penyandang tuna netra kategori low-vision. Dalam rangkaian pulas hitam-putih, serta warna-warni yang mewakili spektrum cahaya, Moral mengangkat filosofi “sudut padang”.

Dari sana Moral mengajak audiens untuk masuk ke dunia visual yang mengusik, menjadikan 20 look dalam siluet boxy dan oversized layak untuk ditelisik.

Dalam koleksi ini pula, Andandika menghadirkan rangkaian item yang dapat digunakan untuk berbagai kesempatan. Ada koleksi kasual hingga pakaian formal. Padu padan overcoat, kemeja, parka, dan celana berpotongan lurus menjadi item kunci. Di samping itu, ada pula pantsuit, bowling shirt, dress, dan pencil skirt yang melengkapi koleksi ini. Penyematan detachable details pada bagian lengan serta punggung memberi nilai tambah untuk koleksi Moral kali ini. Mengenai eksplorasi material, selain katun organik, di musim ini Moral masih konsisten menghadirkan material silk organza, velvet, canvas, dan genuine leather. Bahan-bahan itudipadankan dengan material eksperimental seperti PVC dan tarpaulin plastic, demi tetap menonjolkan kesan jalanan.

BACA JUGA:  Iran Diguncang Gempa 6,0 SR, 2 Orang Tewas dan 241 Terluka

Aplikasi dengan teknik beadings menggunakan kristal Swarovski juga kini diperkenalkan sebagai terobosan baru. Moral turut serta mencoba menghadirkan sebuah presentasi yang mempertemukan aspek luxury dengan identias urban dan jalanan, yang selama ini melekat pada label asuhan Andandika.(net)