Di Forum HLS Ke-10, Wakil Gubernur Bali Tegaskan Komitmen Perangi Sampah Plastik

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Artha Ardana Sukawati (Cok Ace). (foto : ist)

Beritabalionline.com – Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati yang akrab dipanggil Cok Ace mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Bali berkomitmen memerangi sampah plastik, yang dibuktikan dengan Peraturan Gubernur No. 97 Tahun 2018 pembatasan timbulan sampah plastik sekali pakai.

Penegasan itu disampaikan Wagub Cok Ace pada High Level Seminar (HLS) on Sustainable Cities ke-10 di Nusa Dua, Bali, Senin (21/1/2019). HLS ini diikuti 200 peserta dari Asean dan mitra negara Asean akan berlangsung mulai 21-23 Januari mendatang.HLS adalah suatu wadah bagi pembuat kebijakan, para ahli dan praktisi di bidang pengembangan kota berkelanjutan di regional Asia Timur dan Tenggara untuk berbagi ide, pengetahuan dan pengalaman serta mengembangkan kerjasama.

Mewakili Menteri LHK, Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya Beracun (PSLB3) KLHK, Rosa Vivien Ratnawati membuka secara resmi kegiatan ini.

Dikatakan, Indonesia telah berkomitmen untuk menangani sampah dan limbah. Hal ini tercermin pada dari Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Indonesia telah menetapkan target pengelolaan limbah padat, termasuk pengurangan 30% dan penanganan yang tepat 70% pada tahun 2025. Target ini juga diterapkan pada limbah plastik. (tra)

BACA JUGA:  Pemkot Denpasar Sebut PKM Persiapkan Masyarakat Masuki "New Normal Life"