Petugas Gagalkan Penyelundupan 5 Ton Ikan Segar Ilegal ke Bali

Truk yang dipakai mengangkut ikan ilegal ke Bali. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Pemeriksaan ketat yang dilakukan aparat Kepolisian dari Polsek Kawasan Laut Gilimanuk bersama Pihak Karantina Wilayah Kerja Gilimanuk di pintu masuk Pelabuhan Gilimanuk,  berhasil menggagalkan upaya penyelundupan lima ton ikan secara illegal dari Jawa ke Bali.

Penanggungjawab Kantor Karantina Wilayah Kerja Gilimanuk Wayan Diana Saputra didampingi Kanit Reskrim Polsek Kawasan Laut Gilimanuk AKP I Komang Muliyadi, Selasa (15/1/2019), mengatakan, lima ton ikan segar ilegal yang berhasil diamankan tersebut merupakan jenis ikan semar dan ikan blo.

Ikan tersebut diangkut dengan menggunakan truk bernomor poilisi L 9114 AY dari Tuban, Jawa Timur menuju Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana (Bali), yang dikemudikan oleh Abdul Qodir Jaelani (49), asal Tuban Jawa timur. Lima ton ikan segar tersebut dikemas di dalam 42 tong plastik.

“Menurut keterangan supir truk, ikan segar tersebut milik H Tining, asal Tuban, Jawa Timur,” jelas  Diana.

Ditambahkan, pengiriman lima ton ikan segar dari Tuban menuju Pengambengan, Negara tersebut tanpa dilengkapi dokumen pengiriman yang sah berupa sertifikasi kesehatan dari Kantor Karantina daerah asal ikan-ikan tersebut. Sehingga ikan tersebut diamankan di Kantor Karantina berikut truk dan pengemudinya untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Pengirimannya melanggar UU RI No 16 Tahun 1992 tentang karantina hewan, ikan dan tumbuhan,” demikian Diana. *agw

 

BACA JUGA:  Tak Hanya Rampas Barang, Pelaku Begal ABG Juga Nekat Aniaya Korban