Karangasem Kembali Raih Penghargaan Adipura

Bupati IGA Mas Sumatri saat menerima penghargaan Adipura yang diserahkan Wakil Presiden Jusuf Kalla.(foto:ist)

Pertahankan Prestasi Kategori Kota Kecil

Beritabalionline.com Pemerintah Kabupaten Karangasem kembali mempertahankan penghargaan Adipura, yang merupakan penghargaan prestasi puncak berskala nasional. Penghargaan diberikan atas kinerja kabupaten dan kota dalam pengelolaan lingkungan hidup perkotaan selama periode 2017-2018.

Bersama 146 kabupaten/kota se-Indonesia, Kabupaten Karangasem sudah dua belas kali sejak tahun 2007-2014 dilanjutkan tahun 2016-2018 meraih penghargaan Trophy Adipura untuk kategori kota kecil bersih se-Indonesia, sedangkan tahun 2015 lalu Karangasem hanya bisa meraih Sertifikat Adipura. Akan tetapi Pemkab Karangasem terus berbenah sampai mempertahankan Trophy Adipura di tahun 2019 ini.

Penerimaan Anugerah Adipura Periode 2017-2018 ini diserahkan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla yang diterima Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri  yang saat itu  didampingi Kadis LH I Nyoman Tari, Kadis Perkim I Made Suama, Kadis PUPR I Ketut Sedana Merta serta Kabag Humas dan Protokol I Gede Waskita Suta Dewa pada acara Penganugrahan Adipura dan Green Leadership di Auditorium Dr. Soedjarwo Manggala Wanabakti, Senin (14/1/2019). Hadir juga  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, serta para Bupati dan Walikota penerima Piala Adipura, Sertifikat Adipura, Plakat Adipura dan penghargaan Green Leadership dari seluruh Indonesia.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya dalam sambutannya menyampaikan Program ADIPURA merupakan program nasional dan dilaksanakan setiap tahun, untuk mendorong kepemimpinan pemerintah kabupaten/kota dan membangun partisipasi aktif masyarakat dan dunia usaha, dalam mewujudkan sustainable city (kota berkelanjutan), yang menyelaraskan fungsi pertumbuhan ekonomi, fungsi sosial, dan fungsi ekologis dalam proses pembangunannya dengan menerapkan prinsip tata kepemerintahan yang baik (good governance).

Dalam lima tahun pertama sejak pelaksanaannya di tahun 1986, program Adipura  difokuskan untuk mendorong kota-kota di Indonesia menjadi Kota Bersih dan Teduh. Sebagai bentuk apresiasi, pemerintah memberikan penghargaan yang disampaikan oleh Wakil Presiden R.I. kepada kepala daerah yang berhasil memimpin wilayahnya menjadi lingkungan yang bersih dan lestari.

BACA JUGA:  Pemkab Tabanan Gelar Rapat Pemantapan Tanah Lot Art & Food Festival #2

Di awal tahun 2019, Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan memberikan anugerah Adipura  periode 2017-2018 kepada 146 penerima penghargaan, yang terdiri dari 1 (satu) Adipura Kencana, 119 Adipura, 10 Sertifikat Adipura, dan 5 (lima) Plakat Adipura, serta Penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah kepada 11 (sebelas) kabupaten/kota.

Kadis LH I Karangasem, Nyoman Tari saat dihubungi usai menerima Trophy Adipura mengatakan , penghargaan yang diberikan pemerintah pusat merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan kepada pemerintah dan seluruh masyarakat Kota Karangasem atas kerja keras dan usaha dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Bupati Karangasem Mas Sumatri saat dikonfirmasi usai penyerahan mengatakan, penghargaan Adipura diperoleh Kabupaten Karangasem atas usaha mempertahankan prestasinya menggabungkan unsur sosial dengan lingkungan untuk membentuk kota yang layak huni yang tercermin dari masyarakat kota yang peduli lingkungan. Bupati sangat mengapresiasi dan tetap bersyukur apapun bentuk penghargaan yang diberikan pusat pada pemerintah daerah.

Bupati wanita pertama di bumi lahar Karangasem itu pun memaparkan bahwa, Kab. Karangasem sebelumnya telah berhasil memperoleh Trophy Adipura Buana dan sekali mendapatkan sertifikat Adipura pada tahun 2015 lalu karena perubahan kreteria penilaian. Menurut Mas Sumatri, Adipura itu diperoleh berkat partisipasi seluruh lapisan masyarakat Karangasem. (jab)